Beranda RAGAM DAERAH Wawali Kota Padang Hadiri HKG-PKK ke 47 

Wawali Kota Padang Hadiri HKG-PKK ke 47 

319
0
BERBAGI

PadangSumbar,(faktahukum co.id) – Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri acara Makan Bajamba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Tingkat Nasional ke-47 di RTH Imam Bonjol Padang, Jumqt  (25/07/19) malam.

Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan budaya Minangkabau pada peserta HKG-PKK se-Indonesia.sebelum makanan tradisi (jamba red) dihidangkan, kader PKK masing-masing Kabupaten/Kota bersemangat mengikuti arak-arakan membawa jamba dari Masjid Nurul Iman menuju Tenda utama Lapangan RTH Imam Bonjol. Masing-masing Kabupaten/Kota menyiapkan sebanyak 25 jamba.

Makan bajamba atau juga disebut makan barapak adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama didalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar agama Islam, upacara adat, dan pertemuan penting lainnya.

“Tradisi Makan Bajamba berarti makan bersama sambil duduk lesehan, contohnya, pada saat makan, nasi diambil dan sambal yang diambil hanya yang berada di depan kita saja. Ketika tangan kanan menyuap nasi, tangan kiri berada di bawahnya

Untuk menghindari kemungkinan tercecernya nasi, jika ada nasi yang tercecer di tangan kiri, harus dipindahkan ke tangan kanan dan kembali dimasukkan ke dalam mulut,” jelas Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Senada dengan itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, makan bajamba mengandung makna yang mendalam, dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Bukan hanya sekadar makan bersama, sebelum menyantap hidangan didepan mata, biasanya masyarakat mengawalinya dengan tarian-tarian kemudian dilanjutkan dengan berbalas pantun. “Ini adalah tradisi yang harus kita lestarikan agar budaya Minangkabau tidak hilang ditelan zaman,” sebutnya.

Dikesempatan itu, Ketua TP-PKK Kota Padang Harneli, Ketua GOW Kota Padang Genny Putrinda, TP-PKK se Kota Padang serta pimpinan SKPD dilingkup Pemko Padang ikut membaur makan bajamba bersama kader PKK se Indonesia.

Meriahnya Peringatan HKG-PKK juga dihiasi dengan pelepasan kembang api yang disaksikan oleh Ketua Pusat TP-PKK Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua TP-PKK Provinsi se-Indonesia serta Kabupaten/Kota lainnya.

Penulis : Rony. Editor : Syam Hunter.