Beranda NASIONAL Wabup Sukabumi “Program Yes I Do, Penuhi Indikator Kabupaten Layak Anak

Wabup Sukabumi “Program Yes I Do, Penuhi Indikator Kabupaten Layak Anak

87
0
BERBAGI

Sukabumi, (faktahukum.co.id). PLAN –Internasional Indonesia bekerjasma dengan Pemkab Sukabumi adakan pertemuan Laporan Program dan Diskusi Kelanjutan Program Yes I Do” (Program Pencengahan Perkawinan Usia Anak) turut dihadiri oleh Perwakilan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Asda I Bidang Pemerintahan Sosial, Para Kepala Perangkat Daerah dan tamu undangan, yang bertempat di Pendopo Sukabumi, Selasa (11/02/20).

Pada kesempatan itu Wabup Sukabumi H. Adjo Sardjono menyampaikan, Program Yes I Do merupakan program strategis yang mendukung Program Kabupaten layak Anak untuk mendorong pemenuhan hak anak dan perlindungan keluarga demi mewujudkan Indonesia Layak Anak tahun 2030.

“Karena itulah Pemkab Sukabumi terus berkomitmen untuk memiliki sistem pembangunan berbasis hak anak, karenanya peran Non Goverment Organisasion ( NGO) yang bergerak dalam perlindungan dan pemberdayaan anak sangatlah menunjang,” ungkapnya.

Selain itu Wabup menjelaskan, program Yes I do menjadi salah satu penyumbang terpenuhinya indikator (KLA), walau demikian pemenuhan indikator tersebut harus betul-betul terlaksana sampai ketingkat yang paling bawah.

Indikator yang dimaksud diantaranya Sekolah Ramah Anak (SRA) yang digarap Yes I Do dalam rangka pemenuhan hak anak, hal tersebut merupakan indikator dalam Kabupaten Layak Anak (KLA), SRA merupakan pengejewantahan amanat negara untuk memenuhi hak anak sebagaimana tercantum dalam konvensi Hak Anak (KHA) yang telah diratifikasi Indonesia tahun 1990.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya kita memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti DP3A, Dinsos, Dinas Pendidikan dan Stakeholder terkait lainnya, maka dari itu saya mengajak pada segenap OPD untuk bersama sama membahas dan mendiskusikan bersama program yang sudah dilaksanakan oleh PLAN Internasional melalui program Yes I Do,”  papar Wabup.

Diakhir sambutannya Wabub berharap program Yes I Do bisa terus berlanjut untuk mengurangi angka perkawinan anak di Kab Sukabumi, harap Wabup.

Penulis: Ichsan Editor: Adunk