Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
RAGAM DAERAH

Wabup Buka Rakorda Pendataan Awal Regsosek Barut

×

Wabup Buka Rakorda Pendataan Awal Regsosek Barut

Sebarkan artikel ini

Barito Utara, Kalteng – Wakil Bupati (Wabub) Barito Utara (Barut) Sugianto Panala Putra membuka kegiatan rapat koordinasi daerah (Rakorda) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Kabupaten Barito Utara tahun 2022, di Ballroom Armani Hotel, Rabu (12/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Gatit Rusdiyanto, mewakili unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda Kepala perangkat daerah, Kepala BPS Barito Utara, instansi vertikal, perusahaan dan perbankan serta undangan lainnya.

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

“Dalam Pidato Presiden RI mengenai RUU APBN tahun 2023 pada 16 Agustus 2022 menyatakan bahwa reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,” kata bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra.

BACA JUGA :   Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021

Dikatakan Wabup, Regsosek adalah bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah dirancang sejak tahun 2020.

Pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan, sebagai bagian dari perlindungan sosial harus kita salurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, termasuk yang terkena guncangan seperti Covid-19.

“Kita ketahui bahwa jenis dan jumlah program bantuan sosial terus bermunculan sejak Maret 2020 dan kejadian ini tidak hanya terjadi di pemerintah pusat, pemerintah daerah pun melakukan hal yang sama,” kata Sugianto Panala Putra.

Dijelaskannya, sebagai pilar utama reformasi sistem perlindungan sosial, Regsosek mendukung komponen reformasi lainnya. Beberapa diantaranya adalah perlindungan sosial adaptif, untegrasi berbagai program perlindungan sosial dan digitalisasi penyaluran bantuan sosial.

BACA JUGA :   Seminar “Mengajar Ala ESQ” Motivasi Guru SMK-N 5 Padang

“Guncangan pandemi Covid-19 yang masif menunjukan bahwa perlindungan sosial harus adiptif terhadap kebencanaan, saling terhubung dan terintegritasi antar program, serta dapat kita salurkan melalui berbagai cara dan layanan keuangan yang mudah dan terjangkau,” ungkapnya.

Menurut Wabup, data penduduk yang menyeluruh, lengkap dan mutakhir mutlak diperlukan untuk mendukung upaya tersebut. Dalam kondisi bencana dan kedaruratan, penduduk rentan harus cepat kita identfikasi dan bantu. Data Regsosek dapat mendukung proses identifikasi tersebut, sehingga bantuan yang tepat dapat kita salurkan dengan metode cepat.

“Kunci utama menyukseskan pendataan awal Regsosek pada tahun ini adalah partisipasi dari seluruh elemen masyarakat. Hajatan besar ini harus didukung oleh semua pihak, untuk itu saya mengajak kita semua, masyarakat di Kabupaten Barito Utara, terimalah para petugas Regsosek dengan baik dan jawablah dengan jujur,” kata Wabup Sugianto Panala Putra mengakhiri sambutan tertulis bupati Barito Utara H Nadalsyah. (@lie/Tim).

Faktahukum on Google News