Beranda RAGAM DAERAH Upaya Lawan Covid-19, Lapas Pagar Alam Lakukan Asimilasi

Upaya Lawan Covid-19, Lapas Pagar Alam Lakukan Asimilasi

143
0
BERBAGI

Pagar Alam, (faktahukum.co.id) – Kepala Pembinaan Lapas kota Pagar Alam dalam keterangan nya menjelaskan kepada awak media faktahukum.co.id, untuk saat ini Lapas Pagar Alam sudah melakuan Asimilasi di rumah buat kepada Warga Binaan Pagar Alam.

Hal ini merupakan sebagai bentuk dan upaya yang dilakukan oleh pihak Kemenkumham ikut andil dalam rangka Penanggulangan wabah dan penyebaran Corona virus Disaese 19 di kota Pagar Alam.

Di terangkan oleh Renaldi selaku Kepala Pembinaan Lapas Pagar Alam,”Sebanyak 34 orang dari jumlah keseluruhan 57 orang dilakukan pelaksanaan Asimilasi di rumah,” tutur Renaldi, Senin (6/4/20).

Pelaksanaan Asimilasi ini sendiri berpedoman serta berdasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 10 tahun 2020 tentang pelaksanaan Asimilasi di rumah dan integrasi buat Narapidana dalam rangka penanggulangan Covid -19.

Masing-masing yang mendapat Asimilasi di dominasi pada kasus Pidana Umum dan Narkoba berdasarkan kriteria dan penilaian tertentu Renaldi sendiri menuturkan berdasarkan Permenkumham No 10 tahun 2020, yang bisa menjalankan Asimilasi di rumah adalah Narapidana yang berkelakuan baik selama di dalam Lapas, tidak pernah melakukan Pelanggaran Tata tertib Lapas, lalu sudah menjalani 1/2 masa pidana dan masa 2/3 masa pidana mereka, dan maksimal di tanggal 31 Desember 2020.

Lebih lanjut Kepala Pembinaan Lapas Pagar Alam Asimilasi menyampaikan hal ini tidak berlaku bagi Narapidana pada kasus yang terkena PP 99 tahun 2012 yaitu Korupsi, iIeggal Logging, Mining, Human Trackfiking dan Narkoba yang hukumannya di atas 5 tahun.

Dia juga mengharapkan kepada WBP harus mematuhi aturan yang telah di tentukan,”Harapan saya supaya napi yang di asimilasi di rumah harus benar-benar menjalankan perintah dari program Asimilasi tersebut yaitu melakukan isolasi mandiri di rumah selama penyebaran wabah Covid-19 serta menjaga nama baik dirinya dan Lapas Pagar Alam saat berada di tengah masyarakat, jangan melanggar peraturan dan tata tertib di masyarakat selama menjalani Asimilasi dirumah,” tegas Renaldi.

Penulis: Alian Editor: Adunk