Beranda RAGAM DAERAH Tingkatkan Produksi, Distan Barut Kembangkan Padi Inpari Nutri Zinc

Tingkatkan Produksi, Distan Barut Kembangkan Padi Inpari Nutri Zinc

36
0
BERBAGI

Barito Utara – Dinas Pertanian kabupaten Barito Utara (Distan Barut), mendukung upaya penangkar benih padi untuk mengembangkan padi jenis baru jenis Inpari Nutri Zinc, hal ini dilakukan untuk mendukung percepatan peningkatan produksi padi sawah melalui benih bersertifikat.

Kegiatan tanam perdana padi sawah varietas inpari Nutri Zinc dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Bidang Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Teweh Selatan bertempat di Desa Trehean Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Senin (20/6/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati beserta Kepala Bidang Dinas Pertanian terkait, Camat Teweh Selatan Asmuri, Kapolsek Teweh Selatan Ujang Sartono, Danramil 1013 Teweh Selatan Kapt Inf M Guntur, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Teweh Selatan, Surya, Kepala Desa Trahean, Kelompok Tani ( Poktan) Hadaduhup Desa Trahean.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan, pada hari ini adalah tanam perdana varietas padi inpari nutri zinc dalam bentuk kegiatan sekolah lapang atau proses pembelajaran non formal bagi petani, untuk meningkatkan pengetahuan dalam menggali potensi di lahan petani, ada dua kelompok tani yang ada di Desa Trahean dan Desa Trinsing dengan luas lahan yang diusahakan 20 hektar.

“Kita memiliki keinginan, memiliki sekolah lapang yang didukung oleh Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk jenis varietas inpari nutri zinc, hanya ada dua Kabupaten yang dipilih dalam pelaksanaan kegiatannya, yaitu di Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Pulang Pisau, sebagai penangkar padi yang ada label putih (label pokok ),” kata Syahmiludin.

Dikatakannya lagi, dari hasil sekolah lapang yang mana hasilnya akan dibeli kepada petani dan kelompok tani di luar lokasi. Dalam sekolah lapang ada tahapan tahapan yang dilaksanakan, dimana ini menjadi pembelajaran bagi kelompok tani, di karenakan semua tahapan tersebut, akan di catat dan dipantau perlakuan apa yang dilakukan. Sehingga nanti hasil produksi dari produktivitas akan diukur menjadi bahan kegiatan, inovasi teknologi pertanian.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura Dinas Pertanian Barito Utara, Bambang Suprianto didampingi Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Surya.

Menurutnya kehadiran padi varietas baru inpari nutri zinc ini memiliki kandungan Zn lebih tinggi, dan memiliki banyak kelebihan di banding beberapa varietas lain dalam hal kandungan Zn, kaya nutrisi, cita rasanya enak, dan hasilnya lebih tinggi daripada hasil padi lainnya.

Setelah gerakan tanam padi bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, melanjutkan dengan temu wicara, tanya jawab dengan kelompok tani, demi untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian serta apa saja yang menjadi kendala dan kekurangan di lapangan. (@lie/Tim).