Beranda RAGAM DAERAH Tingkatkan Kompetensi, DPD Lampung Bersama SPRI Gelar Pelatihan Jurnalis

Tingkatkan Kompetensi, DPD Lampung Bersama SPRI Gelar Pelatihan Jurnalis

56
0
BERBAGI

Bandar Lampung – Dalam rangka peningkatan kwalitas jurmalis/wartawan menuju Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW), yang berbasis LSP, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lampung bersama Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) menggelar pelatihan Pendidikan Latihan (Diklat) Jurnalis. Sabtu, (19/11/22).

Diklat yang di laksanakan di kantor Sekretariat DPD SPRI Lampung di ikuti puluhan jurnalis baik dari media online maupun media cetak, para peserta yang ikut pun tidak hanya dari Provinsi Lampung bahkan banyak juga dari berbagai daerah lain.

Ketua DPD SPRI Lampung Dewi Martha S, SE menuturkan, para peserta diklat kiranya mengikuti dengan cermat, materi yang akan di berikan oleh para tutor.

“Sebab ini salah satu modal utama para peserta untuk mendapatkan ilmu bagaimana saat di lapangan, menemui para narasumber dan tehnik cara penulisan yang benar,” tuturnya.

Dilaksanakan diklat jurnalis oleh DPD SPRI Lampung ini bertujuan untuk meningkatkan kwalitas para jurnalis, dalam mesajikan hasil karya tulis yang baik dan berprilaku yang baik, sekaligus juga sebagai dasar utama untuk menuju Sertifikasi Kompetesi Wartawan ( SKW).

Dewi juga mengatakan, SPRI DPD Lampung sudah melaksanakan tiga kali diklat jurnalis, “Agenda ini sebagai agenda rutin SPRI, yang mana tidak lama lagi akan di laksanakan SKW berbasis LSP dan BNSP oleh DPD SPRI Lampung,” jelasnya.

Di tempat yang sama, salah satu tutor Andi M Nurdin A, Kom mengatakan, diklat jurnalis di laksanakan yang pada umumnya untuk mempersiapkan diri para jurnalis yang akan mengikuti SKW LSP Pres yang berbasis BNSP, yang mana kegiatan diklat akan terus di laksanakan di semua kabupaten yang ada di Lampung.

“Ini salah satu persiapan SKW, supaya para jurnalis pada umumnya dan khususnya anggota SPRI saat mengikuti SKW tidak menemukan kesulitan, yang mana saat ini materi yang kami berikan bagaiman cara penulisan yang benar yang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalis,” kata dia

Selain itu, Andi M Nurdin yang juga sekjen DPD SPRI Lampung itu juga menambahkan, para peserta yang mendaftar mengikuti SKW sebanyak 20 peserta, namun hanya ada 12 peserta yang hadir.

“Saat ini ada 20 peserta yang mendaftarkan namun yang hadir 12 peserta mereka berasal dari Mesuji, Bandar Lampung dan Tubaba. Usai mengikuti diklat jurnalis, para peserta pun mendapatkan sertifikat Sebagai bukti untuk bisa mengikuti SKW,” paparnya.

Salah satu dari jurnalis yang mengikuti diklat Agus Tio dari media Faktual Hukum Indonesia, dirinya mengucapkan terima kasih atas diberi kesempatan dalam melaksanakan SKW di Provinsi Lampung ini.

“Saya berterima kasih kepada SPRI DPD Lampung, yang telah menyelenggarakan diklat jurnalis, ini sangat lah penting bagi para jurnalis bagai mana cara penulisan yang baik dan betul-betul keilmuan jurnalis,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, tertarik dengan diklat jurnalis, karna ini modal utama para jurnalis baik pemula yang akan menuju jenjang wartawan muda maupun wartawan madya. Ini sebagai orintasi yang sempurna supaya bisa tertata saat membuat suatu berita,” kata dia

Agus juga berharapan, kegiatan diklat jurnalis jangan sampai berhenti sampai disini harus di lanjutkan yang lebih tinggi, baik wartawan tingkat utama maupun wartawan tingkat madya.
(BR/Red).