Beranda BERITA UTAMA Tindakan Tegas Kapolda Metro Jaya, Tingkatkan Citra Polri

Tindakan Tegas Kapolda Metro Jaya, Tingkatkan Citra Polri

210
0
BERBAGI

Jakarta – Tindakan tegas Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol DR H Fadil Imran, memutasi anggota yang bermasalah meningkatkan citra Kepolisian republik Indonesia.

Menyoroti hal tersebut, Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Tubagus Rahmad Sukendar kembali memberikan apresiasi terhadap ketegasan Kapolda Metro Jaya dalam penegakkan hukum dan pembenahan di Internal.

Beberapa waktu yang lalu viral, Kapolda Metro Jaya telah melakukan penindakan terhadap oknum anggota Polsek Pulo Gadung yang menolak laporan dari korban penodongan dan perampasan di daerah Pulo Gadung Jakarta Timur.

Sikap tegas Kapolda Metro Jaya pada saat mengetahui dari pemberitaan secara langsung meminta Kapolres Jakarta Timur mencopot anggota Reskrim Polsek Pulo Gadung dan meminta Propam Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan terhadap anggota yang bermasalah tersebut.

Diketahui semenjak Polda Metro Jaya di komandoi bang Fadil Imran nampak sekali dan banyak perubahan yang terjadi di tingkat Polda sampai ke tingkat Polres dan Polsek di wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

Beliau turun langsung ke lapangan membaur dengan anggota dan masyarakat tanpa ada sekat dan jarak sehingga banyak masyarakat sangat merasakan hadirnya aparat penegak hukum yang ramah dan humanis dalam melindungi dan mengayomi menuju Kamtibmas yang kondusif.

Jika kita melihat soal kinerja untuk Kapolda Metro Jaya jangan diragukan lagi dimana jajaran Kepolisian Daerah Metro Jaya telah berhasil dalam memberantas peredaran Narkoba yang cukup tinggi di daerah khusus Ibukota Jakarta.

Bahkan capaian tersebut hingga dapat mengungkap dan menangkap bandar Narkoba kaliber lintas Negara.

Disamping itu gebrakan Kapolda Metro Jaya dan jajaran dalam pemberantasan mafia tanah dan aksi premanisme sangat pantas mendapat acungan jempol dan apresiasi dari masyarakat. “Kita harus bangga dengan kinerja Kapolda Metro Jaya dan Jajaran di Jakarta Raya, kata TB Rahmad Sukendar.

Namun, sebagai mitra kerja Polri, BPI KPNPA RI juga ikut menyoroti jumlah pemberantasan Narkoba, Mafia Tanah dan Premanisme tidak berbanding sama dengan pencapaian Polda Metro Jaya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ketua Umum BPI KPNPA RI Tubagus Rahmad Sukendar menilai pejabat kepolisian yang bertugas di Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan terkenal sebagai orang Serse tulen ternyata tidak menjadi jaminan dapat meningkatkan pengungkapan kasus tindak pidana korupsi di daerah khusus Ibukota Jakarta Raya.

BPI KPNPA RI selama ini menyoroti kinerja kepolisian daerah Metro Jaya belum menunjukkan jumlah yang signifikan dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Tubagus Rahmad Sukendar mengungkapkan kekecewaannya terhadap torehan prestasi Polda Metro Jaya di bawah kepemimpinan Direktur Kriminal tindak pidana khusus Kombes Pol Auliansyah Lubis yang mana beliau adalah merupakan lulusan terbaik Polri di bidang Serse juga mantan Kapolrestabes Semarang.

Semasa bertugas di Semarang banyak ungkap kasus besar, namun cakupan terkait penindakkan dalam kasus tindak pidana korupsi tidak sesuai prediksi dan harapan masyarakat, ini yang juga harus dipelototi Kapolda Metro Jaya atas kinerja bawahannya yang masih kurang maksimal.

Secara Restorasi justice dan pemberantasan Narkoba okelah, namun berbanding terbalik dengan pemberantasan tindak pidana korupsi di wilayah hukum provinsi DKI Jakarta.

“Kita melihat Dirkrimsus Polda Metro Jaya belum bisa mengikuti gerak cepat Irjen Pol Fadil Imran dalam penuntasan kasus kasus besar selama beliau bertugas di Direktorat Reserse dan Polda Jawa Timur,” ujarnya, Kamis (16/12/2021).

Tubagus Rahmad Sukendar juga menyampaikan harapannya kepada kedua Pejabat Polri di Kepolisian Daerah Metro Jaya agar dapat menunjukkan prestasi gemilang dalam penanganan kasus-kasus yang berhubungan dengan dugaan tindak pidana korupsi baik pada Kementrian, Dinas Provinsi, Kabupaten/Kota di daerah Khusus Ibukota Jakarta

“Selagi diberikan amanah untuk memegang tongkat Kepemimpinan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, saya berharap kedua Perwira milik Polri yaitu Bapak Irjen Pol Fadil Imran dan Bapak kombes A. Lubis dapat memaksimalkan jabatannya ini untuk bergerak cepat agar dapat menyelamatkan uang rakyat dari para tangan terduga pelaku tindak pidana korupsi,” harapnya.

Para Oknum-oknum Pejabat dinas terkait yang sudah terbukti korupsi dan yang masih terduga korupsi mencuri uang rakyat agar disikat habis karena korupsi terjadi bukan karena lapar, tapi karena mereka
rakus.

Aparat penegak hukum khususnya Polri wajib menyelamatkan uang negara yang sama besarnya dengan menyelamatkan masa depan Bangsa.

Apalagi Kapolri dalam waktu dekat akan meningkatkan status Dittipikor Bareskrim menjadi Deputi Pemberantas Korupsi Polri yang tentu nya tantangan ke depan dalam pemberantasan korupsi akan sangat besar dan lebih rumit lagi ini butuh kerjasama dan koordinasi dari semua pihak.

Kita berharap ke depan ada gebrakan yang lebih tajam Polda Metro Jaya dalam pengungkapan kasus tindak pidana korupsi.

BPi KPNPA RI dalam waktu dekat akan menemui Kapolda Metro Jaya dalam rangka memberikan penghargaan dari BPI KPNPA RI,” tutur Tb Rahmad Sukendar. (Putra).