Home HUKRIM Tiga Pelaku Jambret,Resahkan Warga di Bekuk Satreskrim Polres Barut

Tiga Pelaku Jambret,Resahkan Warga di Bekuk Satreskrim Polres Barut

83
0
SHARE

Muara Teweh. Kalteng (faktahukum.co.id)
Tim Buru Sergap (Buser) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah, akhirnya berhasil meringkus pelaku Pencurian dengan kekerasan (Curas)/ jambret yang meresahkan warga Muara Teweh dan sekitarnya Kamis (11/4/2019) malam sekira pukul 21.15 Wib.

Para tersangka diamankan dikediaman masing-masing yang letaknya berdekatan di Jalan Beringin Gg Buntu, RT 02, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah. Dari keterangan warga para pelaku menyewa di barak berbeda di jalan itu. Para terduga pelaku yakni MI (20), APL (34) dan OBS (24).

Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar Sik melalui Kasat Reskrim AKP Samsul Bahri, membenarkan penangkapan ketiga pelaku.
pasalnya,berdasarkan keterangan korban dan penyelidikan Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut, didapat informasi bahwa sepeda motor yang digunakan oleh pelaku pencurian dengan modus operandi mengambil barang/benda dengan cara jambret adalah sepeda motor merk Suzuki Nex warna putih tanpa TNKB dan salah satu pelaku menggunakan helm merk GM warna merah muda.

Setelah melakukan penyelidikan secara intensif terhadap para pemilik sepeda motor merk Suzuki Nex warna putih, didapat informasi bahwa ada seseorang yang memiliki sepeda motor merk Suzuki Nex warna putih KH 3037 ES yang berdomisili di Jalan Beringin Gg Buntu RT 02, Kelurahan Lanjas.

Hasil dari Registrasi Identifikasi Sat Lantas, didapat biodata pemilik sepeda motor KH 3037 ES bernama MI, alamat Jalan Beringin Gg Buntu RT 02, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah.

“Kamis malam Unit Buser Sat Reskrim melakukan penangkapan terhadap tersangka MI di tempat tinggalnya di Jalan Beringin Gang Buntu RT. 02, dan berhasil mengamankan hasil curian berupa Handphone merk VIVO Y53 warna hitam yang dipakai oleh istrinya,” terang Samsul Bahri, Jumat (12/4/2019) malam.

Menurutnya, dihadapan petugas MI (20) bernyanyi, bahwa HP merk VIVO Y53 warna hitam tersebut ia beli dari tersangka APL dan OBS. Keduanya pun turut ditangkap Unit Buser SatReskrim.

“Kedua tersangka tersebut mengakui bahwa telah melakukan pencurian dengan cara mengambil HP milik korban dari box sepeda motor korban yang sedang melaju di Jalan Muara Teweh-Puruk Cahu, Km 5, Kelurahan Melayu, pada Senin (25/3) sekira pukul 13.30 Wib. Dengan korbannya Dewi Purnama Sari,” jelasnya.

Dikatakan Kasatreskrim, tersangka APL dan MI juga mengakui telah melakukan pencurian dengan modus operandi yang hampir sama, pada Sabtu (6/4) pukul 15.00 Wib, di Jalan Swadaya, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, atas korbannya Rika Rotina, dengan modus mengambil tas milik korban yang digantung di sepeda motor.

Dalam aksi tersebut tersangka APL juga memukul kepala korban yang saat itu mengendarai sepeda motor hingga terjatuh dan tidak dapat mengejar tersangka. Korban kehilangan tas yang berisi uang sekitar Rp 1 juta, STNK, ATM BRI, ATM Bank Kalteng, BPJS, KTP dan HP merk VIVO Y83 warna merah.

“Para pelaku sudah diamankan dan dikenakan Pasal 365 atau 363 atau 362 KUH Pidana,” pungkasnya.(@lie/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here