Beranda KESEHATAN SKK Migas Serahkan Bantuan ISO Tank Oksigen untuk Pemprov Kalteng

SKK Migas Serahkan Bantuan ISO Tank Oksigen untuk Pemprov Kalteng

150
0
BERBAGI

Palangka Raya, Kalteng – Merespon keinginan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui surat yang ditandatangani Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M., terkait permohonan bantuan penyaluran oksigen medis menggunakan ISO Tank.

Dimana hal ini di latar belakangi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kalteng yang meningkat menjadi tiga kali lipat sampai dengan saat ini, sehingga ada keterbatasan ketersediaan oksigen medis guna memenuhi kebutuhan oksigen medis untuk sejumlah rumah sakit di Provinsi ini.

Diketahui bersama, saat ini kebutuhan oksigen hampir di seluruh wilayah Indonesia mengalami peningkatan, akibat meningkatnya pasien Covid-19. Selain oksigen semakin sulit didapatkan oleh masyarakat, rumah sakit pun juga terkendala memperolehnya saat-saat sangat dibutuhkan.

Institusi Satuan Kerja Khusus (SKK)  Migas Perwakilan Kalimantan & Sulawesi (SKK Migas Kalsul) didukung oleh KKKS Eni Muara Bakau B.V. dan KKKS Eni East Sepinggan Limited membantu menyediakan peralatan untuk transportasi oksigen yang dibutuhkan kalangan medis untuk penanganan pasien Covid-19.

Bantuan ini berupa penyediaan satu buah ISO tank yakni alat yang dapat digunakan sebagai kontainer penyimpan oksigen untuk mendukung proses distribusi oksigen medis.

Penyediaan ISO tank ini sebagai bentuk kepedulian dari pelaku industri hulu migas terhadap situasi pandemi COVID-19 di Kalteng.

Bantuan ISO tank berukuran 20 (dua puluh) feet dengan kapasitas ± 20 ton tersebut aktualnya saat ini sudah dimobilisasi untuk membawa oksigen medis dari Pulo Gadung ke Kalteng. Semoga dalam waktu dekat sudah sampai di Kalteng untuk dipergunakan dalam menangani pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Penyerahan ISO Tank dilakukan secara daring (online) oleh Kepala SKK Migas Kalsul Azhari Idris, Senin (30/8/2021) kepada Wakil Gubernur Kalteng Kalteng H. Edy Pratowo.

Diungkapkan Azhari, bantuan yang diberikan ini merupakan inisiatif dan rasa kepedulian hulu migas terhadap masyarakat Kalteng saat ini yang dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

“Dukungan ini diharapkan dapat meringankan usaha distribusi oksigen medis untuk  memenuhi kebutuhan rumah sakit di wilayah Kalimantan Tengah dalam menangani pasien Covid-19 yang saat ini masih terjadi,” kata Azhari.

Pada kesempatan tersebut, SKK Migas juga mengajak manajemen KKKS Medco Energi Bangkanai Limited yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara untuk bersilaturahmi kepada Wakil Gubernur Kalteng dan Jajaran. Hadir GM Medco Bangkanai Herman Fauzi beserta timnya.

“Semoga dengan silaturahmi dan komunikasi yang baik, jegiatan usaha hulu migas yang merupakan kegiatan pemerintah ini dapat terus beroperasi dengan lancar dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah,” ujar Azhari.

Azhari juga menyampaikan, produksi pasokan gas dari KKKS Medco Bangkanai tersebut untuk pembangkit listrik di Kalteng. Medco Bangkanai saat ini terus berproduksi dan bekerja dengan baik. Hasilnya memberi nilai tambah bagi daerah dan nasional. Sehingga keberadaan Medco Bangkanai, perlu bersama–sama didukung dan diberikan bantuan oleh Pemprov Kalteng jika memang ada kendala-kendala dilapangan.

“Operasional hulu migas di Kalteng ini perlu didukung,” tandasnya.

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo yang hadir dan menerima secara simbolis bantuan tersebut menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya untuk SKK Migas dan KKKS yang telah membantu penanggulangan bencana pandemi Covid-19 di Kalteng.

Bantuan ISO Tank tersebut akan digunakan secara langsung untuk mendukung kegiatan medis, memenuhi kendala Rumah Sakit (RS) yang saat ini terjadi yaitu dalam penyediaan oksigen medis di Kalteng.

“Dengan adanya ISO tank tersebut pasokan oksigen dalam mendukung layanan kesehatan di Kalteng semakin kuat. Resiko kematian akibat Pandemi Covid-19 dapat ditekan secara maksimal. Kalau bisa angka harian hingga mencapai nol,” harap Wagub Kalteng.

Sebelumnya kegiatan usaha hulu migas juga telah memberikan bantuan ISO Tank untuk Provinsi Kaltim dan Kalsel. Dimana bantuan tersebut serupa dengan dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng.

Harapannya ISO Tank tersebut dapat memperlancar distribusi oksigen medis ke rumah sakit yang membutuhkan, sehingga pihak-pihak yang membutuhkan oksigen dapat terlayani dengan baik, terutama bagi mereka yang terpapar Covid-19.

Penulis : @lie/Tim. Editor : M. J.