Beranda RAGAM DAERAH Serap Usulan Warga, BPD dan Pemdes Bintang Ninggi II Gelar Musdes

Serap Usulan Warga, BPD dan Pemdes Bintang Ninggi II Gelar Musdes

448
0
BERBAGI

Barito Utara. Kalteng (faktahukum.co.id) – Guna menyerap aspirasi dan usulan warga untuk program pembangunan maupun kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bintang Ninggi II Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dihalaman Kantor desa setempat, Kamis (27/6/19).

Ketua BPD Bintang Ninggi II, Kurmidin mengatakan kegiatan Musdes dilaksanakan sesuai dengan Permendagri nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawatan Desa dan menindaklanjuti surat dari Dinas SosPMD Barut, dan berharap kegiatan ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh warga desa untuk menyampaikan usulan-usulan yang tepat sasaran.

“Dari usulan-usulan masyarakat ini akan dilihat mana yang prioritas dan mana yang bisa ditangguhkan dulu, namun kita berharap apa yang dilaksanakan serta terealisasi nanti bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga desa,” kata Kurmidin.

Hal senada juga disampaikan Pendamping Desa/Kecamatan Teweh Selatan, Tri Epta A. yang hadir mewakili Camat dan pejabat Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (SosPMD) Barut, yang meminta agar usulan jangan hanya terpokus kepada kegiatan fisik dan semacamnya, tapi juga memperhatikan masalah kesehatan serta peningkatan sumberdaya manusia melalui pendidikan maupun pelatihan.

Sementara, Kepala Desa Bintang Ninggi II, Ardianto saat membuka kegiatan Musdes mengungkapkan, selain mengundang tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan, mereka juga mengundang para calon anggota BPD agar lebih mengetahui apa tugasnya dalam merencanakan pembangunan desa jika nanti terpilih.

“Terkait hal-hal yang dibahas dalam kegiatan ini, sebelumnya saya juga sudah meminta kepada anggota BPD agar dapat melakukan semacam reses guna mengetahui masalah prioritas yang akan dikemukakan dan disepakati dalam Musdes,” terang Ardianto.

Dalam kesempatan Musdes tersebut, Kades Bintang Ninggi II juga mengusulkan untuk para janda yang ada didesanya agar dapat membentuk suatu kelompok usaha maupun kerajinan sehingga bisa memiliki penghasilan.

“Hasil dari Musdes ini akan di verifikasi oleh tim yang nanti dibentuk dan akan dibawa ke forum Musrenbangdes,” pungkasnya.(@lie)