Home HUKRIM SDN 08 Pulau Air Diduga Lakukan Pungli Melalui Les Tambahan

SDN 08 Pulau Air Diduga Lakukan Pungli Melalui Les Tambahan

273
0
SHARE

Padang, (faktahukum.co.id) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Pulau Air, Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang diduga melakukan pungutan liar alias pungli terhadap siswanya pada kelas 5. Entah sengaja atau tidak, dugaan perbuatan terlarang itu dilakukan oleh salah seorang guru berinisial DPN yang mengadakan les pelajaran tambahan diluar jam sekolah.

Ironisnya, siswa yang ikut les tersebut dipungut biaya sebesar Rp. 200 ribu per siswa. Padahal, sebagaimana diketahui dari Perpres No 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli, yang di salah satu poinnya disebutkan bahwa tidak boleh dilakukan kegiatan les bagi murid kelas 1 sampai dengan kelas 5 yang dibebankan biaya kepada para siswa yang ikut.

Hal itu seperti diakui salah seorang dari wali murid siswa kelas 5 yang enggan disebutkan identitasnya ketika ditemui wartawan faktahukumk.co.id beberapa waktu lalu menyebutkan anaknya ikut les dan membayar setiap bulan sebesar Rp. 200 ribu.

Wartawan faktahukum.co.id mencoba konfirmasi kepada Kepala Sekolah SDN 08 Pulau Air, sayangnya sedang tidak berada di tempat, begitu juga ketika dihubungi lewat hp tidak ada jawaban.

Sementara itu, menurut Ramson, M.Pd, Kabid Dikdas Kota Padang mengatakan bahwa murid kelas 1 sampai kelas 5 tidak dibenarkan untuk les. “Sayaakan meindak sekolah SDN 08 Pulau Air, dan akan saya beri sangsi dan memanggil Kepala Sekolahnya,” ujarnya saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.  (Berli Johan Marjohan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here