Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
RAGAM DAERAH

RSUD Muara Teweh Gelar Inhouse Training Geriatri

×

RSUD Muara Teweh Gelar Inhouse Training Geriatri

Sebarkan artikel ini

Direktur RSUD Muara Teweh, dr Tiur Maida saat membuka kegiatan Inhouse Training Geriatri di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Sabtu (25/3/2023). (Foto: Istimewa).

 

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

Barito Utara, Kalteng – Pokja Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP) menyelenggarakan Inhouse Training Geriatri di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Sabtu (25/3/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur RSUD Muara Teweh dr Tiur Maida. Kegiatan IHT Geriatri tersebut diselenggarakan Pokja PAP dengan Ketua Yunaidi, dan narasumber oleh dr Ahadini Islamiah.

Dalam sambutannya Direktur RSUD Muara Teweh dr Tiur Maida mengatakan, bahwa pelayanan Geriatri adalah suatu pelayanan untuk meningkatkan kualitas hidup, kualitas pelayanan dan keselamatan pasien lanjut usia yang berusia 60 tahun keatas.

BACA JUGA :   Jembatan Penghubung Bekasi - Karawang Ramai di Kunjungi Warga  

Selain itu, kata dia memberikan acuan dalam penyelenggaraan dan pengembangan pelayanan lanjut usia dan hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri di Rumah Sakit.

“Geriatri adalah cabang disiplin ilmu Kedokteran yang mempelajari aspek kesehatan dan kedokteran lanjut usia. Lanjut usia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas,” kata Direktur RSUD Muara Teweh.

Sedangkan kata dr Tiur pasien Geriatri itu sendiri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakit dan/atau gangguan aktif penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara terpadu dengan pendekatan multidisiplin yang bekerja secara interdisiplin.

BACA JUGA :   Hari Pertama Operasi Zebra Krakatau 2019, Satlantas Polres Mesuji Tilang 196 Pelanggar

Lebih lanjut Tiur Maida menjelaskan kriteria pelayanan Geriatri lanjut usia meliputi (1). Memiliki lebih dari satu penyakit fisik dan/atau fsikis; atau (2). Memiliki satu penyakit dan mengalami gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan. (@lie/Tim).

Faktahukum on Google News