Beranda PENDIDIKAN Rifai Manangkasi: Jangan Bertopeng Jurnalis, untuk Takuti Pejabat

Rifai Manangkasi: Jangan Bertopeng Jurnalis, untuk Takuti Pejabat

1120
0
BERBAGI
Rifai Manangkasi, Ketua Jurnalis Online Indonesia (Join) Sulawesi Selatan.

Luwu Timur, (faktahukum.co.id) – Maraknya media baik cetak, elektronik maupun online keterbukaan informasi publik semakin dekat dan cepat. Namun seiring berjalannya waktu terkadang ada saja oknum jurnalis memanfaatkan jalur tersebut bertingkah layaknya teroris menakut-nakuti pejabat serta berdalih idealis dan independen yang ujung-ujungnya hanya mengharap upeti.

Sangat disayangkan kalau ada yang berbuat demikian bertopeng dibalik profesi jurnalis tapi tidak sedikit rekan rekan jurnalis taat aturan dan patuh hukum. Hal ini diungkapkan Rifai Manangkasi selaku ketua Jurnalis Online Indonesia (Join) Sulawesi Selatan kepada www.faktahukum.co.id Jumat (21/09/18) kemarin.

“Hanya dilemanya jika masih ada oknum berprilaku buruk dalam pelaksanaan tugas jurnalis, maka bisa saja semua kena getahnya,”terang Rifai yang juga Ahli Dewan Pers.

Oleh sebab itu kata Rifai, wartawan harus sadar jika menggeluti profesi jurnalis dan sepatutnya memiliki integritas tinggi dan berupaya terhindar dari sikap sikap arogan.
“Kita berharap ada perubahan prilaku serta taat etika, penghargaan profesi lebih bermakna positif jika kaidah kaidah yang mengikat kita harus ikuti,”imbuhnya (Attang Samad)