Beranda RAGAM DAERAH Ribuan Warga Lakukan Aksi Unras Tuntut Plasma PT MS, Ini Hasilnya

Ribuan Warga Lakukan Aksi Unras Tuntut Plasma PT MS, Ini Hasilnya

344
0
BERBAGI

Sampit – Bosan dengan janji perusahaan terkait pemberian plasma, Warga Desa Pondok Damar bersama Ormas Tariu Borneo Bangkule Rajakang (TBBR) melakukan aksi unjuk rasa (unras) terhadap PT Mustika Sembuluh (PT. MS) CKP Wilmar yang beralamat di Jalan Sudirman Km.62 Sampit – Pangkalanbun, Jum’at (27/5 2022).

Dalam aksinya ormas yang mengerahkan tidak kurang seribu orang itu melakukan orasi damai dengan menggelar ritual adat.

Ribuan warga Desa Pondok Damar dan pasukan merah turun ke lapangan dengan meneriakan yel yel perjuangan dibarengi penyembelihan babi dan beberapa ayam di lokasi aksi.

Setelah menyampaikan aspirasinya pihak TBBR akhirnya mengadakan mediasi dengan perusahaan. Mediasi disaksikan langsung oleh aparat keamanan yang hadir.

“Dari awal kami sudah menyampaikan niat baik, tapi PT. MS tidak menghiraukan teguran secara lisan dan tertulis dari kami,” kata mangku DPC Kotim, Armanto.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa aksi itu dilaksanakan secara damai dan tidak melakukan perbuatan anarkis.

“Perlu saya sampaikan yang hadir ini tidak kurang seribu anggota TBBR dari berbagai DPC¬† Se Kalteng. Saya selaku tuan rumah memastikan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama aksi kami berlangsung,” ungkapnya.

Hasil mediasi, akhirnya perusahaan bersedia memenuhi tuntutan, yakni memberi plasma sebesar 20 persen dari total areal. Realisasi dari kesepakatan tersebut Selambat-lambatnya 30 hari usai perjanjian ditandatangani.

Diakhir kegiatan, dilakukan sesi foto bersama. Massa pun membubarkan diri setelah apa yang mereka tuntut mendapat persetujuan.

Turut hadir di lokasi Kapolres Kotim, AKBP Sarpani, Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Assisten I Diana Setiawan, Camat MHU Muslih, bersama pengurus Ketua Harian DAD Kotim Untung TR, ratusan anggota Brimob Polda Kalteng, anggota Polres Kotim, dan pihak dari PT. MS. (Dahny).