Home EKONOMI Rakor Lintas Sektoral EKUIDA Jelang Natal dan Tahun Baru

Rakor Lintas Sektoral EKUIDA Jelang Natal dan Tahun Baru

288
0
SHARE

Rembang, (faktahukum.co.id) – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Perdagangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah setiap tahunya sesuai dengan Instruksi Presiden Indosia No.3/2014 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu serta Keputusan Gubernur Jawa Tengah No.550/36/2018 tanggal 23 Mei 2018 tentang perubahan keputusan Gubernur Jawa Tengah sebelumnya, tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penyelenggaraan Posko Terpadu Lebaran, Natal dan Tahun Baru di Propinsi Jawa Tengah.

Sehingga sesuai dengan instruksi diatas maka, setiap Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban atas kesiapannya memberikan rasa aman, nyaman, suasana kondusif di wilayahnya masing – masing dalam menyambut moment – moment penting setiap tahunya Natal dan Tahun Baru, hal ini disampaikan Bupati Rembang melalui Sekretaris Daerah Pemkab. Rembang dalam Agenda Rapat Koordinasi Lintas Sektoral EKUIDA, bertempat di ruang pertemuan Lantai IV Gedung Setda, Rembang, Kamis (20/12/18).

Dalam Rapat Koordinasi mengunadang beberapa unsur terkait dalam pemantauan kesiapan menjaga kondusifitas, dalam menciptaka rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan momen  tahunan tersebut.

Selain menghadirkan jajaran Polres, Kodim, Organisasi Pemeritah Daerah terkait, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Pelaku Usaha, Bupati Rembang melalui Subakti dalam sambutan tertulisnya menyapaikan bahwa,”Dibutuhkan sinergitas semua pihak dalam kesiapan penyelenggaraan memberikan pelayananya kepada masyarakat khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Rembang, baik dari sektor keamanan lingkungan, kenyamanan lalu – lintas, terjaminya sediaan sembilan bahan pokok, ketersediaan BBM, LPG 3 kg, dan Listrik, serta sarana transportasi menjadi prioritas pantauan sangat perlu untuk  ditekankan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral kali ini,”ungkap Subahakti, Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang menyampaikan sambutanya.

DASAR PELAKSANAAN

Subhakti melanjutkan, ” sesuai dengan petunjuk sebagai dasar pelaksanaan yang wajib diselenggarakan oleh Penerintah daerah dalam menciptakan suasana dengan mampu menjamin kondusifitas dengan kenyamanan di masyarakat saat meperingati Hari Natal dan Tahun Baru setiap tahunya tersebut diantaranya berdasar pada (1). Instruksi Presiden Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tentengang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu, (2). Berdasar Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 550/36 Tahun 2018 tertanggal 23 Mei 2018 tentang perubahan keputusan Gubernur Jawa Tengah sebelumnya tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penyelenggaraan Posko TerpaduLebaran, Natal dan Tahun Baru di Propinsi Jawa Tengah, sehingga sesuai  petunjuk di atas sebagai pedoman kerja Lintas Sektoral dalam memenuhi maksud dan tujuan diselenggarakanya hal tersebut ,” tambahnya.

TUJUAN KEGIATAN

Lebih rinci, ” adapun maksud dan tujuan tujuan diadakanya rapat koordinasi lintas sektoral EKUIDA ini adalah(1). Untuk mengetahui kesiapan Pemerintah Kabupaten Rembang dalam menghadapi Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 nantinya, (2). Untuk menciptakan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan Ibadah Natal 2018 dan masyarakat dalam merayakan pergantian Tahun Baru 2019, (3). dan atau menciptakan situasi yang kondusif pada momen – momen penting yang sudah tersebut di atas sesuai dengan harapan Bupati dapat terwujud,”pungkas Subhakti, membacakan sambutan tertulis  Bupati Rembang sebelum meninggalkan ruangan yang menandai bahwa Rapat Koordinasi telah dibuka.

PENGAMANAN GEREJA

Polres Rembag melalui Kepala Bagian Operasional, Kompol Yohan Setiajid, dalam sambutanya yang menyampaikan bahwa,“Polres Rembang memberikan pengamanan pada momen perayaan Natal dan Tahun Baru nanti akan mengerahkan sebanyak 215 personel pada Operasi Lilin Candi dari tanggal 21Desember 2018 sampai  1 Januari 2019, selain pihaknya bersama OPD terkait juga mendirikan beberapa titik lokasi Pos Pelayaan yang terletak di depan Kantor Bupati   menjadi central pos pelayanan dan pengamanan dan koordinasi antar pos pengamanan di gereja – gereja di wilayah Kecamatan Rembang Kota yang menjadi titik perhatiannya   disesuaikan dengan jumlah Jemaatnya,”  ungkap Yohan saat memberikan sambutan.

Seperti dalan pantauan dilaporkan faktahukum.co.id saat mengikuti agenda Rapat Koordinasi yang mengacu dari hasil evaluasi kerja pada tahun sebelumnya untuk serta kesiapan Lintas Sektoral dalam memberikan pelayanan, keamanan dan kenyamanan kepada masyaraka.

Acara rutin setiap tahunya di Kabupaten Rembang menyebutkan bahwa, untuk realisasi pelaksanaan sesuai dengan maksud dan tujuan diselenggarakanya kegiatan dari segala sektor terkait memberikan  kenyamanan, keamanan, bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Rembang dari waktu ke- waktu selalu mengalami peningkatan dari berbagai sektor.

Meskipun diakui sedikit demi sedikit kendala terkait penyediaan anggaran pembiayaan perawatan fasilitas pantauan di jalan raya seperti hanya keterbatasan anggaran perawatan  CCTV di titik pantauan, diharapkan hal tersebut tidak menghambat kinerja Tim Koordinasi Pelaksana di lapangan dalam memberikan pelayanan sesuai harapan Pemerintah yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat ketika ingin merayakan moment Hari Natal dan Tahun Baru dengan rasa sejuk, aman, nyaman dalam suasana yang kondusif dapat terwujud nantinya,”pungkas dan harap Assisten I Pemkab. Rembang, Abdullah Zawawi ketika menutup acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam kesiapan Pemerintah Daerah jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2019. (Sugito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here