Beranda BERITA UTAMA Presiden Jokowi Tak Segan Copot Petinggi TNI-POLRI Karena Karhutla

Presiden Jokowi Tak Segan Copot Petinggi TNI-POLRI Karena Karhutla

261
0
BERBAGI

Jakarta, (faktahukum.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak segan mencopot jabatan petinggi TNI/Polri yang di wilayah kerjanya tak mampu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal ini disampaikan Jokowi dengan serius terkait penanganan karhutla pada Rakornas di Istana Negara.

 “Saya tidak akan ragu meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk mencopot anak buahnya yang gagal mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” kata Jokowi, Kamis (6/2/20) seperti dilansir dari antaranews/cnbc.

Ia menyampaikan dengan tegas,”Hati-hati Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim, hati-hati Kapolresnya. Tegas saya sampaikan, pasti saya telepon ke Panglima atau Kapolri kalau ada kebakaran di wilayah kecil, agak membesar, saya tanya sudah dicopot belum?” ucap Jokowi.

Ia pun mengatakan,”Kalau sudah membesar, pasti saya tanyakan Pangdam sama Kapolda sudah diganti belum?” kata Jokowi menirukan pembicaraannya dengan dua pimpinan aparat keamanan.

Sering kali disampaikan oleh Presiden dalam memberikan pengarahan dalam giat mengendalikan kebakaran hutan dan lahan sejak 2016. Jokowi memberikan ultimatum yang sejatinya bukan hal yang baru.

“Kenapa? Karena yang saya takutkan, ada Gubernur baru, Bupati baru, Pangdam baru, Danrem baru yang masuk daerah rawan kebakaran, sehingga tidak tahu aturan main kita yang sudah kita ubah sejak 2016,” kata Jokowi.

Jokowi pun mengemukakan, sikap tegas ini harus dilakukan untuk mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan yang sudah puluhan tahun terjadi. Jokowi tak ingin, kembali terulang kebakaran besar yang sempat terjadi di 2015 silam.

“Ini aturan main sejak 2016 dan berlaku sampai sekarang. Supaya yang baru-baru tahu semuanya. Kalau copot gubernur, bupati, wali kota nggak bisa. Bedanya di situ saja,” tegas Jokowi. (cnbc/tim)