Beranda HUKRIM Polres Lamandau Musnahkan Barang Bukti 1,3 Kg Sabu Lintas Provinsi

Polres Lamandau Musnahkan Barang Bukti 1,3 Kg Sabu Lintas Provinsi

118
0
BERBAGI

Lamandau – Polisi Resort (Polres) Lamandau Polda Kalimantan tengah lakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) 1,3 kg sabu golongan satu milik empat orang tersangka inisial RS, RA, TR, dan IM.

Dari Keempat tersangka, semuanya berasal dari Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, kejadian tersebut diungkap oleh Satnarkoba Polres Lamandau beberapa waktu lalu.

BB jenis sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan dalam air mendidih dan dicampur cairan pembersih lantai, hal ini dilakukan untuk memastikan agar barang bukti yang dimusnahkan benar-benar larut dan tidak bisa digunakan kembali.

Sebelum dimusnahkan, barang bukti tersebut sebelumnya dicek keasliannya dengan menggunakan alat pendeteksi narkoba.

Pemusnahan barang bukti tersebut, dipimpin langsung Kasat Resnarkoba Polres Lamandau AKP I Made Rudia dan disaksikan oleh Kepala Dinkes Lamandau Rosmawati serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Lamandau, bertempat di Aula Joglo Mapolres Lamandau.

Turut hadir dalam pemusnahan, Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana, Wabup sekaligus ketua BNNK Lamandau Riko Purwanto, S. STP, ketua DPRD Lamandau M. Bashar, Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo S.I.K., perwakilan Kejari Lamandau dan kepala Dinkes Lamandau.

Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo S.I.K dalam sambutannya mengatakan, dalam rangkaian operasi yang dilakukan oleh Satnarkoba Polres Lamandau, berhasil menangkap empat orang tersangka di Jalan Trans Kalimantan dengan BB 1,3 kg sabu-sabu.

“Mereka ini sudah beberapa kali melakukan aksinya melewati jalur kita, kami Polres Lamandau berkomitmen perdagangan narkoba lintas Provinsi ini dapat kita berantas dari perbatasan,” kata Kapolres, Kamis (18/11/21).

Di tempat yang sama Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja Kepolisian Lamandau atas keberhasilannya mengungkap dan menggagalkan peredaran sabu seberat 1,3 Kg.

“Dari keberhasilan ini, berapa jumlah anak bangsa dan generasi penerus yang berhasil diselamatkan oleh Polres Lamandau dan serta jajarannya,” tuturnya.

Hendra juga menghimbau, bahwa perang terhadap narkoba di wilayah Kabupaten Lamandau tidak akan pernah usai, namun upaya meminimalisir peredaran narkoba jangan sampai putus.

“Karena barang Sabu ini di bawa dari Provinsi Kalbar dan di edarkan di wilayah Provinsi Kalteng dan Kalsel, pastinya melewati Kabupaten Lamandau,” tandesnya.

Penulis : M. Andreyanto