Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
HUKRIMTNI - POLRI

Polres Lamandau Gagalkan Penyeludupan Narkotika Terbesar se-Kalteng

×

Polres Lamandau Gagalkan Penyeludupan Narkotika Terbesar se-Kalteng

Sebarkan artikel ini

LAMANDAU – Penyelundupan Narkotika jenis sabu seberat 33, 838 kilogram lintas provinsi berhasil digagalkan Satuan Resnarkoba Polres Lamandau jajaran Polda Kalteng. Pengungkapan inimerupakan salah satu terbesar di Kalimantan Tengah.

“Pengungkapan kasus ini salah satu kerja sama yang luar biasa antara masyarakat dengan penegak hukum. Informasi yang kami terima sangat membantu dan menjadi konci keberhasilan dalam operasi ini,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto di dampingi Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiono S.I.K., Rabu (22/5/2024).

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

Lanjutnya, ke-lima tersangka ini memiliki peran masing-masing dalam peredaran narkotika, pihaknya masih berproses aktif dalam penanganan kasus ini.

BACA JUGA :   Selundupkan Sisik Trenggiling, Tiga Orang Asal Malawi Kalbar Diborgol

Tersangka yang sudah dimankan ini, merupakan dari jaringan yang lebih luas, dan pihaknya akan terus melakukan penyelidikan.

“Selain barang bukti Sabu seberat 33,838 kilogram, pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa uang tunai, henpon, kendaraan bermotor dan kartu ATM yang digunakan para tersangka. Pengungkapan ini menunjukkan peredaran narkoba bukan hanya di kabupaten Lamandau saja, namun merupakan lintas provinsi,” ucap Kapolda.

Kapolda Kalteng menjelaskan, Kabupaten Lamandau merupakan kabupaten yang berbatasan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah serta berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Barat. Sehingga menjadi jalur strategis bagi peredaran narkotika.

Oleh karena itu aparat penegak hukum akan terus memperketat pengawasan dan melakukan operasi-operasi serupa untuk memberantas peredaran narkotika di wilayah hukum Polda Kalteng.

BACA JUGA :   Oknum Kades Nelam B.A.P di Limpahkan Ke Kejaksaan

Kapolda Kalteng juga mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya narkotika.

“Kami butuh bantuan dari seluruh masyarakat untuk melaporkan jika ada aktivitas yang sangat mencurigakan, agar kita bersama-sama dapat membangun generasi emas 2045 bebas dari narkotika. Kami juga berkoodinasi dengan pihak terkait untuk menindak lanjuti kasus ini, termasuk kemungkinan adanya tidak pidana pencucian uang,” tegasnya. (An)

Faktahukum on Google News
Kasat Narkoba, Kasie Humas, Kaunit 1 Res Narkoba Polres Metro Bekasi Kota saat menunjukkan barang bukti.
FAKTA UTAMA

Barang bukti sabu seberat 10,654 Kg yang berhasil diamankan oleh Tim Unit 1 Res Narkoba Polres Metro Bekasi Kota yang dipimpin oleh AKP Mastur Situmorang, SH, MH itu, berupa satu kardus berwarna coklat berisikan delapan bungkus plastik isi narkotika jenis shabu seberat 8.520 gram atau 8,25 kg, satu kardus berwarna hitam berisikan 10 bungkus plastik berisi sabu seberat 1.043 gram atau 1,043 Kg dan satu bungkus plastik berwarna merah berisi sabu seberat 1.091 gram atau 1,091 Kg.