Beranda HUKRIM Polisi Ungkap Peredaran Uang Palsu di Bekasi

Polisi Ungkap Peredaran Uang Palsu di Bekasi

97
0
BERBAGI

Kab. Bekasi – Unit Reskrim Polsek Cikarang Barat Polres Metro Bekasi berhasil menangkap dua pria berinisial (AH) dan (M) yang diduga sebagai pembuat dan pengedar uang palsu.

Kedua pelaku itu berhasil diamankan dirumahnya, dikawasan MM2100, Desa Danau Indah, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Tertangkapnya kedua pelaku bermula saat Polsek Cikarang Barat mendapatkan laporan dari seseorang yang merupakan korban penipuan uang palsu, bermula menjual Handphone miliknya dengan cara memposting di akun Facebook mikiknya seharga Rp 3.200 juta.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setiawan mengungkapkan, terbongkarnya modus pelaku berawal dari pengakuan korban yang memang setelah melakukan COD (Cas On Delivery) menjual Handphone miliknya, lalu mendapatkan uang palsu.

“Ketika mendapatkan uang dari pelaku, korban menyetorkan uangnya tunai di mesin ATM, namun mesin itu menolak,” ungkap Kapolres Metro Bekasi Gidion Arif Setyawan, Selasa (8/11/22).

Korban yang merasa tertipu oleh pelaku yang membeli handphone dengan uang palsu, langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Cikarang Barat, dan tidak berselang waktu lama kedua pelaku berhasil diamankan.

“Dari hasil pengakuan pelaku, dirinya belajar membuat uang palsu dari Media Sosial dengan alat Scanner, kertas HVS, Setrikaan dan alat potong Cutter,” ucap Gidion.

Atas perbuatan yang dilakukannya kini kedua pelaku terjerat pasal 244 KUHP tentang pemalsuan uang dengan ancaman 15 tahun penjara. (H. Bonding)