Beranda RAGAM DAERAH Pokja IPB Gelar Aksi Unras di Depan Lokasi Pembangunan Pabrik Gula

Pokja IPB Gelar Aksi Unras di Depan Lokasi Pembangunan Pabrik Gula

43
0
BERBAGI

Pandeglang, Banten – Sejumlah Aktivis, OKP, Ormas, Lsm dan Jurnalis dari berbagai media online dan cetak yang tergabung dalam Kelompok Kerja Investasi Pandeglang Bersatu ( Pokja IPB ) menggelar aksi unjuk rasa (unras) di depan lokasi pembangunan pabrik gula di Desa Tegalpapak, Kecamatan Pagelaran, Senin (19/9/2022).

Langkah tersebut diambil karena perusahaan yang melaksanakan pekerjaan pabrik gula, seolah mendadak dan tidak ada kordinasi dengan pihak desa setempat, pada saat memulai pekerjaan.

Bukan hanya itu saja, legalitas perusahaan pemenang proyek tersebut juga masih menjadi tanda tanya besar bagi sebagian masyarakat setempat, siapa dan darimana perusahaan yang mengerjakan pabrik gula di wilayah mereka itu, dan juga tentang perizinan perusahaan pelaksana pembangunan pabrik gula tersebut.

Dalam orasinya Pokja IPB, menuntut agar pihak perusahaan jangan main petak umpet, tidak adanya ketransparanan terhadap masyarakat, berdayakan pengusaha lokal dan harus membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat khususnya.

Secara simbolik dan sekaligus menunjukan bentuk protes para pengunjuk rasa, Ketua Pokja IPB dan para pengurus menanam pohon tebu di depan pintu gerbang lokasi proyek pembangunan pabrik gula, setelah itu para pengunjuk rasa long march ke Kantor Kecamatan untuk kembali berorasi.

Pada kesempatan, itu Subro Mulisi selaku Camat Pagelaran menyambut para pengunjuk rasa bersama dengan Kapolsek Pagelaran AKP Rahya Nurcahyana.

Subro mengatakan, mohon maaf, saya terlambat datang ke Kantor Kecamatan Pagelaran, karena semuanya sudah selesai baik itu MOU dan perizinannya juga sudah selesai.

“Adapun untuk tuntutan yang disampaikan oleh para pengunjuk rasa, itu juga merupakan PR bagi dirinya selaku Camat di Pagelaran, kami para muspika di Kecamatan Pagelaran, akan meminta agar pihak perusahaan memperdayakan warga Kecamatan Pagelaran, baik itu pekerjanya ataupun pengusahanya, pasti akan kami perjuangkan,” katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama AKP Rahya Nurcahyana selaku Kapolsek Pagelaran menyatakan, hal yang serupa.

“Kami selaku pihak Kepolisian yang bertugas di wilayah Kecamatan Pagelaran akan terus menjaga kondusifitas dan akan selalu mendukung para warga masyarakat Kecamatan Pagelaran agar diberdayakan baik dari pekerjaan dan lainnya,” pungkas Kapolsek. (Putra).