Beranda HUKRIM Perumahan Griya Asri Pratama Diduga Langgar Perda IMB

Perumahan Griya Asri Pratama Diduga Langgar Perda IMB

2633
1
BERBAGI

Sukabumi, (faktahukum.co.id) – Perumahan Griya Asri Pratama yang berlokasi di Kampung Warungceuri RT 013 / RW 006 Desa Pondok Kaso Landeuh, Kecamatan Parung Kuda Kabupaten Sukabumi, milik Robby Tan yang diduga kuat sudah melanggar PERDA No 6 Tahun 2010 tentang Rertribusi IMB dari muatan GSB (GARIS SEMPADAN BANGUNAN) & GSP (GARIS SEMPADAN PAGAR) yang ditentukan oleh Pihak pemberi ijin dalam hal ini DPMPT-SP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu).

Berdasarkan laporan yang masuk pada tanggal 17 April lalu, team DPMPT-SP melakukan monitoring dan menindaklanjuti laporan tersebut. DPMPT-SP melalui Kabid Pengaduan dan Perlindungan Investasi H. Djoki Jupardi, S.H beserta team, Zaenudin dan Asep Budiman turun kelokasi untuk mengecek langsung dugaan atas adanya GSB / GSP yang dilanggar oleh pihak Perumahan Griya Asri Pratama sesuai kentuan.

Dilokasi, H.Djoki, Zaenudin, Hasbu dengan disaksikan Security dari Perumahan Griya Asri Pratama dan karyawanya yang berinisial YT, juga disaksikan langsung para awak media untuk melakukan pengukuran kembali atas ketentuan yang diijinkan dari GSB (8 Meter) dan GSP (6 Meter), dan dari hasil pengukuran dilokasi Perumahan Griya Asri Pratama didapat hasil GSB -6 Meter dan GSP –4 Meter dan tentunya ini diduga telah melanggar 2 Meter dari GSB maupun GSP.

Selanjutnya H. Djoki meminta melalui karyawan yang dipercaya, Robby Tan dikarenakan pemiliknya tidak berada ditempat, untuk melakukan Pembongkaran GSB / GSP nya atau Pihak DPMPT-SP akan berkoordinasi dengan SATPOL-PP kabupaten Sukabumi untuk melakukan pembongkaran.

Sampai berita ini diturunkan pihak Perumahan Griya Asri Pratama belum melakasankan amanat dari hasil monitoringnya untuk melakukan pembokaran GSB /GSP yang dikeluarkan dari DPMPT-SP yang diamanatkan dari PERDA No 6 Tahun 2010 ttg Rertribusi IMB yaitu GSB (8 Meter) dan GSP (6 Meter).

Ditempat terpisah, Ketua GAPS (Gabungan Anak Penulis Sukabumi) Ryan mengatakan, “Pihak penerima manfaat ijin dalam hal ini Robby Tan sebagai pemilik dari Perumahan Griya Asri Pratama semestinya kooperatif dalam melaksanakan ketentuan yang diamanatkan sehingga tidak menimbulkan konotasi negatif dan dugaan Robby Tan kebal hukum dimata Pemkab Sukabumi,” ujarnya.

Satpol PP Kabupaten Sukabumi sudah seharusnya turun tangan dalam mengeksekusi permasalahan ini dan bila perlu supaya adanya efek jera bagi penerima manfaat ditempat lain yang modusnya sama, sudah sepatutnya dilaporkan kepihak Yudikatif dengan acuan hukum dari Undang Undang No 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang -Khususnya pasal 70 Ayat  (1 ) yang tertulis ‘Setiap orang yang memanfaatkan ruang tidak sesuai dengan ijin pemanfaat ruang dari pejabat yang berwenang dalam pasal 61 Huruf (b) dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) Tahun dan denda paling banyak Rp. 500 juta’.

“Kami dari GAPS tentunya akan selalu mendorong kinerja Pemkab Sukabumi dibidang pengawasan pembangunan dan memonitoring, sehingga menjadi Kabupaten Sukabumi lebih baik,” pungkasnya. (Ichsan & Gunta)

1 KOMENTAR