Beranda RAGAM DAERAH Personel Kodim 1017/Lmd Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Personel Kodim 1017/Lmd Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

229
0
BERBAGI

Lamandau-Kalteng, (faktahukum.co.id) – Guna mengantisipasi bencana dan sigap saat penanggulangan bencana alam di wilayahnya, Personel Komando Distrik Militer (Kodim) 1017/Lamandau menggelar kegiatan latihan bersama di halaman Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1017 Kabupaten. Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Latihan itu juga untuk menguji berbagai Prosedur Tetap (Protap) satuan dalam penanggulangan bahaya, dan melibatkan semua stakeholder di wilayah apabila terjadi bencana, untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa dan kerugian lainnya.

Komandan Resor Militer (Danrem) 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto melalui Kepala seksi perencanaan, Kolonel Inf. Syahrul Hadi didampingi Komandan Kodim (Dandim) 1017/Lmd Letkol Inf. Hafes Isjafrin S.H., mengatakan, apel Ini sebagai bentuk menghadapi kemungkinan bencana alam, dan kita semua harus mewaspadai serta mengantisipasi bencana alam secara dini.

“Dengan melaksanakan latihan saat menghadapi terjadinya bencana yang mungkin akan melanda di wilayah tutorial kita, para Prajurit harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan menyiapkan diri, menghadapi tugas tanggap segera dalam mengantisipasi setiap bencana alam yang terjadi di wilayah, khususnya di Kab. Lamandau,” katanya, Senin (28/6/2021).

Lanjutnya, dalam latihan bersama ini kita melibatkan, Polri, BPBD, Pemadam Kebakaran, Tagana Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Kwarcab Pramuka Lamandau dan elemen masyarakat.

“Latihan penanggulangan bencana alam ini yang kita laksanakan merupakan salah satu metode untuk memelihara dan juga meningkatkan kewaspadaan, kesiapan prajurit maupun satuan dalam mengantisipasi bahaya bencana alam,” jelasnya.

Syahrul Hadi berharap, kepada seluruh peserta selama lima hari ke depan agar memperhatikan dan mencermati setiap materi yang diberikan.

“Peserta diharapkan agar benar-benar fokus, supaya diperoleh pemahaman yang komprehensif,” pungkasnya.

Penulis: M. Andreyanto Editor: M.J