Beranda RAGAM DAERAH Persiapan Pilkades Serentak, Panitia Pemilihan Ikuti Bimtek

Persiapan Pilkades Serentak, Panitia Pemilihan Ikuti Bimtek

48
0
BERBAGI

Barut– Pada bulan Mei 2022 ini, Kabupaten Barito Utara (Barut), akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Dimana dari 93 desa di sembilan Kecamatan yang ada di Barito Utara ada 73 desa akan menyelenggarakan Pilkades serentak.

Terkait hal tersebut sebelum melaksanakan kegiatan enam tahunan ini, seluruh panitia pelaksana Pilkades mengikuti kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek), bagi panitia pemilihan tingkat desa di gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu (5/1/2022).

“Desa memiliki keistimewaan untuk dapat mengatur urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan prakarsa masyarakat, baik hak atau asal usul tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan NKRI,” kata Bupati Barut, H nadalsyah saat membuka kegiatan bimtek tersebut.

Dikatakan Nadalsyah, pemerintahan desa merupakan struktur paling bawah yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat sehingga kewenangan pemerintahan desa untuk meningkatkan pelayanan serta pemberdayaan warga sangat dominan.

“Oleh karenanya pemilihan Kepala Desa merupakan salah satu agenda kegiatan yang sangat penting dan strategis karena menentukan masa depan dan arah pembangunan desa selama enam tahun ke depan,” kata dia.

Dijelaskan Nadalsyah, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 telah diatur dalam Perda Kabupaten Barito Utara, Nomor 1 tahun 2021 tentang pelaksanaan pemilihan serentak dan peraturan Bupati Barito Utara nomor 21 tahun 2021 tentang Juknis pelaksanaan Perda nomor 1 tahun 2021.

“Sebagai informasi untuk diketahui bersama bahwa Barito Utara satu satunya kabupaten yang telah membuat regulasi di Kalimantan Tengah untuk mengawal pelaksanaan Pilkades serentak sebagaimana diamanatkan oleh Permendagri,” jelas Nadalsyah.

Ini kata Nadalsyah lagi adalah wujud perhatian besar pemerintah daerah kepada seluruh panitia pelaksana pilkades di 73 desa agar dalam setiap langkah dan keputusan dalam rangkaian kegiatan dapat mempedomani regulasi ini untuk meminimalisir adanya keberatan ataupun masalah dalam setiap tahapan.

“Bimbingan teknis yang kita laksanakan hari ini dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman dan pengetahuan serta wawasan tentang bagaimana penyelenggaraan yang baik. Untuk itu kepada para peserta bimtek, saya berharap agar mengikuti dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh seluruh materi yang disajikan dalam bimtek ini,” ucapnya. (@lie/Tim)