Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
NASIONAL

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, Plt. Wali Kota Gunakan Baju Adat Lampung

×

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, Plt. Wali Kota Gunakan Baju Adat Lampung

Sebarkan artikel ini

Kota Bekasi – Pelaksanaan upacara peringatan hari Lahir Pancasila tahun 2023 digelar di alun alun M. Hasibuan Kota Bekasi dengan para peserta upacara mengenakan baju adat dari daerah di Indonesia, Kamis (1/6/23).

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menjadi inspektur Upacara mengenakan baju adat dari lampung, begitu juga para Forkopimda Kota Bekasi yang hadir mengenakan ragam baju adat dari Nusantara.

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

Hal ini menandakan dengan memakai baju adat dari masing masing daerah ialah membuktikan rasa toleransi untuk budaya di Indonesia sangat banyak dan merupakan rasa Bhineka Tunggal Ika menjadi pedoman di negara ini.

BACA JUGA :   Ketua DPRD Apresiasi Hajar Serangan Fajar

Sebelum upacara dimulai, tarian Pancasila dari para peserta SMP Negeri di Kota Bekasi menampilkan tarian khusus dalam rangka Hari Lahir Pancasila ini, disaksikan oleh para peserta yang hadir, juga pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Bekasi.

Dalam amanatnya, Plt. Wali Kota Bekasi menyampaikan bahwa Pancasila hasil dari rangkaian proses yakni rumusan Pancasila pada tanggal 01 Juni 1945 yang langsung dipidatokan oleh Ir. Soekarno.

“Para founding father kita, ulama dan tokoh agama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara membangun kesepakatan yang bisa mempersatukan kita melalui Pancasila, harus diingat kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman.” Kata Tri.

Lanjutnya, Dalam berkehidupan bangsa dan bernegara kita selalu mengalami tantangan, selalu diuji melalui penyalahgunaan media sosial maupun ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan bangsa kita ini.

BACA JUGA :   Pemkab Bekasi Hapus Sanksi Administrasi Denda Piutang PBB-P2, Ini Kata Eko Suparyadi

“Untuk itu, peran media sosial memang sangat harus berhati hati, karena sekarang ini jika kita salah mengaplikasikannya, akan menjadi viral, untuk itu waspada dalam mengembangkan media sosial, hal hal baik kita perlihatkan dan dicontohkan jangan terbalik.” Tegas Tri.

Pesan yang disampaikan juga mengenai ajakan dan peran aktif dari Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat semua elemen di Kota Bekasi untuk bersama sama menjaga Pancasila mengenai pemahaman dan pengamalan Pancasila perlu kita tingkatkan kembali.

“Tidak ada pilihan lain, kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita cita bangsa sesuai dengan Pancasila, seluruh anak bangsa yang menjadi generasi penerus harus disatukan hatinya, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan kesatuan bangsa ini.” Kata Plt. Wali Kota.

BACA JUGA :   Diduga Bermasalah, Kadispora Kota Bekasi Dipanggil Polisi Terkait Pengadaan Alat Olahraga

Selanjutnya, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini telah merasakan perkembangan sedikit semi sedikit untuk kemajuan di Kota Bekasi. Mari kita menjaga budaya kita dan selalu berdoa dalam kemajuan kota tercinta ini.

“Menjunjung tinggi integritas yang tak boleh sirna, semangat berkinerja baik dan gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, demi terwujudnya Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju sejahtera dan ihsan.” Tutup Tri.

(Ndoet)

Faktahukum on Google News