Lihatlah Ini
Lihatlah Ini
BERITA UTAMA

Perayaan HUT ke 21 BPI KPNPA RI Akan Berikan BPI Award kepada Aparatur Negara Terbaik

×

Perayaan HUT ke 21 BPI KPNPA RI Akan Berikan BPI Award kepada Aparatur Negara Terbaik

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) kembali akan memberikan apresiasi penghargaan atas kinerja aparatur negara di dalam mengimplementasikan melayani dan mengayomi masyarakat pada saat acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 21 BPI KPNPA RI.

Hal itu disampaikan Tubagus Rahmad Sukendar yang akrab disapa Kang Tebe Sukendar selaku Ketua Umum BPI KPNPA RI dalam wawancara dengan awak media di Hotel R.A Suites TB Simatupang Cilandak Jakarta,. Selasa (14/2/2023).

↓↓ Gulir untuk Melanjutkan ↓↓
Pasang Iklan Disini

Dalam kesempatan wawancara tersebut Ketua Umum BPI KPNPA RI Tubagus Rahmad Sukendar menyampaikan bahwa dalam acara HUT BPI KPNPA RI yang ke 21 Tahun tersebut di samping akan memberikan penghargaan terhadap Aparat Penegak Hukum (APH) dan penyelenggara negara terbaik juga akan diadakan acara dialog Interaktif dengan mengangkat tema “Komitmen APH Dalam Pelayanan dan Melayani Masyarakat Bersih dari Pungli serta Korupsi”.

HUT BPI ke 21 tahun tersebut akan mengundang para narasumber mulai dari internal kepolisian, kejaksaan, Kemenkopolhukam dan komisi 3 DPR RI untuk dialog terbuka dengan peserta undangan.

“Seperti yang sudah sering dilaksanakan setiap tahunnya, untuk HUT ke 21 Tahun, BPI KPNPA RI juga akan memberikan penghargaan Award BPI kepada para penyelenggara negara dan aparatur penegak hukum terbaik, mulai dari pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan, Kemenkumham dan beberapa Tokoh Nasional berdasarkan hasil penilaian tim relawan BPI mendapat kriteria terbaik dalam komitmen menjaga keutuhan NKRI dan pantas mendapatkan Award BPI,” ujarnya.

BACA JUGA :   Bertemu Menkopolhukam di Australia, Diaspora Indonesia Berikan Buku The Lost Boys

Menurut Kang Tebe Sukendar, kinerja jajaran penegak hukum dan penyelenggara negara bisa dilihat dan bisa dirasakan masyarakat, jika masyarakat merasa puas atas hadirnya mereka dalam pelayanan dan melayani

Tim Relawan BPI sudah hampir satu bulan ini melakukan survei wawancara dan membagikan quisenner kepada masyarakat di beberapa daerah terkait dengan tingkat kepuasaan publik terhadap kinerja aparat penegak hukum dan para penyelenggara negara

Tentunya nilai kepuasan publik masyarakat terhadap APH dan para penyelenggara negara di dalam kinerjanya harus bisa dibuktikan untuk semua warga masyarakat

“Kerja keras Tim Relawan BPI KPNPA RI di berbagai daerah dalam melakukan penilaian terhadap kinerja aparatur negara tersebut akan disampaikan kepada tim peneliti akhir BPI KPNA RI yang terdiri dari dewan pakar dan pembina serta penasehat di BPI KPNPA RI sehingga akan ada muncul nama peserta yang mendapatkan penilaian terbaik dan layak untuk mendapatkan penghargaan Award BPI,” paparnya.

Dari berbagai lapisan masyarakat yang dijumpai oleh Tim Relawan BPI KPNPA RI di berbagai daerah dengan melakukan wawancara terhadap responden terkait kepuasan publik dengan kinerja pemerintah dan jajaran perangkatnya mulai dari kepolisian, kejaksaan dan pemerintah daerah di berbagai propinsi, kabupaten dan kota di Indonesia, akan disampaikan dan diumumkan pada acara HUT ke 21 Tahun BPI KPNPA RI.

BACA JUGA :   Taiwan, Bagian Integral dari Perdamaian dan Keamanan Global

Lebih lanjut Kang Tebe Sukendar menyampaikan bahwa penilaian yang dilakukan oleh Tim Relawan BPI KPNPA RI di berbagai daerah dengan mendatangi kantor pemerintah daerah, Mapolda ,Kajati, Kakanwil , Pengadilan, Mapolres, Kajari yang ada di tingkat propinsi dan kabupaten serta Kotamadya dalam rangka mencari hasil kepuasan publik terhadap kinerjanya

“Alhamdulilah, hasil dari penilaian BPI KPNPA RI dengan melakukan wawancara kepada masyarakat yang dijumpai di lokasi maupun bertemu dengan jajaran petugas yang melayani masyarakat di lapangan akan didapatkan hasil yang baik dari masyarakat apakah mereka dalam bekerja benar benar ikhlas melayani dan mengayomi masyarakat atau memang dalam hal pelayanan dan melayani tidak dengan sikap humanis dan simpatik,” tuturnya.

Dengan adanya Award BPI yang setiap tahunnya dilaksanakan BPI KPNPA RI semoga pelayanan prima yang simpatik dan humanis akan benar benar terwujud dengan baik di mata masyarakat

“Kita semua akan melihat dalam acara BPI KPNPA RI pada tanggal 15 Maret 2023, BPI KPNPA RI juga akan mengundang beberapa Tokoh Nasional yang diundang akan diberikan kesempatan untuk memberikan kata sambutannya juga memberikan penghargaan Award BPI terhadap peserta yang hadir di acara HUT BPI,” bebernya.

BACA JUGA :   Luar Biasa, Bekas Bupati Konawe Utara, Aswad Sulaiman Rugikan Negara Rp. 2,7 Triliun

Sementara itu juga kegiatan BPI KPNPA RI wilayah tetap fokus dalam menindaklanjuti semua temuan dan aduan terkait dengan tindak pidana korupsi seperti BPI KPNPA RI wilayah Sumatra Selatan.

Secara terpisah, Ketua BPI KPNPA RI Sumsel Feriyandi. S.H., sangat menyambut baik apa yang telah direncanakan demi kemajuan BPI KPNPA RI. Dia menjelaskan, jika saat ini di DPW Sumsel telah mempunyai tim yang bisa diandalkan dalam melakukan perhitungan pembangunan ataupun peningkatan jalan baik aspal maupun cor dan timbunan tanah.

“Saat ini BPI KPNPA RI Sumsel konsen untuk membantu APH baik kepolisian maupun kejaksaan dalam mengungkap kasus-kasus yang berhubungan dengan Tindak Pidana Korupsi di Sumsel,” ucap Feriyandi.

Ia juga menambahkan, kegiatan BPI KPNPA RI di Wilayah Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah juga konsisten di dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Untuk wilayah Sulawesi juga secara khusus tetap memberikan perhatian dan bantuan hukum terhadap warga masyarakat yang menjadi korban mafia tanah dan melaporkan kasusnya tersebut kepada Satgas anti mafia tanah BPI KPNPA RI di wilayah Sulawesi,” pungkasnya. (Putra).

Faktahukum on Google News
Example 120x600
error: Maaf Dilarang Copy Paste !!