Beranda RAGAM DAERAH Peran Strategis, MedcoEnergi Satu-satunya Produsen Gas di Kalimantan Tengah

Peran Strategis, MedcoEnergi Satu-satunya Produsen Gas di Kalimantan Tengah

46
0
BERBAGI

Barito Utara – Keberadaan MedcoEnergi tidak hanya pada program CSR atau pengembangan masyarakat di berbagai bidang saja. Namun keberadaan Perusahaan Energi Swasta Nasional ini, di Barito Utara memiliki posisi strategis sebagai produsen gas.

Pasalnya, gas yang diproduksi menjadi bahan baku bagi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

MedcoEnergi menjadi satu satunya produsen gas di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mengembangkan dan mengoperasikan Fasilitas Pemrosesan Gas Karendan (KGPF) sejak 2016.

Gas Produksi Karendan Gas Prosessing Fasility (KGPF) langsung diserap oleh PLTMG Bangkanai untuk mengoperasikan generator bagi distribusi listrik.

Tenaga listrik yang dihasilkan PLTMG Bangkanai dialirkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, dan Murung Raya) dan terhubung hingga Kota Palangkaraya – Sampit, serta 1 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Tanjung Tabalong.

Saat ini PLTMG Bangkanai sedang menjalankan pengembangan Phase 2 dengan kapasitas 155 MW untuk jaringan listrik di sebagian wilayah Kalimantan Timur.

VP Relation & Security MedcoEnergi, Arif Rinaldi mengatakan, MedcoEnergi dalam operasinya selalu berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar operasi.

“Selain itu, dengan begitu strategisnya keberadaan MedcoEnergi di Barito Utara ini, kami membutuhkan dukungan dari semua pihak agar dapat terus beroperasi dengan aman dan lancar,” ujar Arif, Selasa (23/11/2021) kepada media. (@lie/Tim).