Beranda HUKRIM Perampasan Motor oleh Debt Collector Leasing CSF – Cianjur

Perampasan Motor oleh Debt Collector Leasing CSF – Cianjur

1395
0
BERBAGI
ilustrasi tindak Kejahatan Pidana perampasan yang dilakukan debt kolektor terhadap kendaraan debitur atas perintah perusahaan pembiayaan (leasing)

Cianjur, (FHI) – Perampasan kendaraan sepeda motor yang dilakukan oleh Debt kolektor dari perusahaan leasing kembali terjadi. Kini, perbuatan yang tidak terpuji itu dilakukan oleh dua orang debt kolektor dari perusahaan pembiayaan (leasing) CS Finance Cabang Cianjur-Jawa Barat.

perampasan itu terjadi pada, Senin kemarin (4/11/2017) pukul 15.30 WIB di Jalan Raya Cianjur Jawa Barat. Saat itu debitur tengah melintas di depan kantor pajak Cianjur. Tiba – tiba dua  orang tidak dikenal berperawakan kasar, mendekati debitur dengan cara memotong kendaraannya. ketika kendaraan berhenti, kedua orang itu secara paksa merampas kendaraan tersebut dengan kasar dengan dasar berbekal list surat penarikan kendaraan dimaksud, menunjukkan surat edaran penarikan kendaraan, dan memaksa untuk menyerahkan STNK serta kunci kontak kendaraan.

Tidak hanya itu, ternyata kedua orang debt kolektor itu juga memanggil temanya. Beberapa saat kemudian, datang kembali 4 orang  dengan mengendarai 2 buah motor yang langsung mengintimidasi debitur tersebut secara kasar dengan memaksa agar menandatangani surat penarikan kendaraan milik seorang debitur.

Menurut saksi mata kejadian yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, “Sempat ada perlawanan oleh debitur kendaraan tersebut dan sempat terjadi perang mulut di lokasi, namun karena kalah dengan debt kolektor tersebut, maka seorang debitur dengan pasrah menyerahkan kendaraannya.

Hal ini seharus tidak boleh terjadi mengingat hak – hak debitur yang dilindungi undang – undang Fidusia yang tertuang dalam pasal 42 UU Fidusia tahun 1999 dengan ancaman penjara selama 2 (dua) tahun kurungan dan denda sebesar Rp.50.000.000 ( lima puluh juta rupiah). (A.Hidayat)