Beranda PENDIDIKAN Pendidikan yang Berkualitas Sudah Dijamin Pemerintah Dalam Sistem Pendidikan Nasional

Pendidikan yang Berkualitas Sudah Dijamin Pemerintah Dalam Sistem Pendidikan Nasional

477
0
BERBAGI

Rembang, (faktahukum.co.id) – Bantuan Operasional Sekolah atau BOS Reguler, adalah bantuan pendidikan berbentuk dana yang diberikan kepada Sekolah dan Madrasah untuk kepentingan nonpersonal dan juga diberikan berdasarkan jumlah siswa yang dimiliki sebuah sekolah.

Baik sekolah yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah, seperti yang disampaikan salah satu Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Kutoharjo di Kecamatan Rembang, Supartini, S.Pd, saat disambangi faktahukum.co.id, Selasa (8/6/21) di ruangannya.

“Anggaran Bantuan Operasional Sekolah merupakan satu-satunya sumber anggaran yang mendukung sekolahan dalam proses belajar mengajar, demi mewujudkan harapan terciptanya pendidikan yang berkualitas,” ungkapnya.

“Jika sebelumnya untuk 1 orang siswa didik mendapatkan operasional Rp.800.000,- , pada Perubahan Juknis BOS tahun 2020 lalu, berubah menjadi Rp.900.000,- per tahun. Untuk tingkat Sekolah Dasar, sesuai dengan Pasal 6 ayat (2), yang diantaranya digunakan sekolahan binaannya untuk pengadaan buku pelajaran pegangan siswa dan tenaga didik setiap tahun ajaranya,” papar Kepala Sekolah SDN 1 Kutoharjo, di Kecamatan Rembang tersebut.

Terpisah, Kadisdikpora Kab.Rembang, Sumardi, S.Pd.M.T. menyampaikan, bahwa sesuai perintah UU. Nomor 23 Tahun 2014 pasal 12 telah ditegaskan, bahwa urusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Nonformal (PAUDNI) serta pendidikan SD dan SMP menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten/Kota, dan sudah diatur pelaksanaannya dalam PP. No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan,” jelasnya.

Ditegaskannya lagi, meski pihaknya mencatat bahwa jumlah siswa SDN yang mengikuti Ujian Akhir Nasional di Kabupaten Rembang, selalu mengalami Trend Penurunan sejak Tahun 2015 – 2021 dari 9.956 siswa menjadi 8.334 siswa.

Namun pihaknya tetap merasa optimis, akan mampu memenuhi harapan amanah pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan sesuai perkembangan jaman dapat terwujud nyata.

Penulis : Sugito
Editor : Bondong Cs