Home NASIONAL Diduga Pencairan Sertifikasi Guru SD ASN Dipungli

Diduga Pencairan Sertifikasi Guru SD ASN Dipungli

105
0
SHARE

Hery Herlangga, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi

Kab. Bekasi, (faktahukum.co.id) – Dalam pencairan dana sertifikasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) guru SD di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi mulai dikeluhkan, pasalnya sebelum pencairan para guru diwajibkan mengeluarkan sejumlah uang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi H. Asep Saepulloh

“Jelas ini sangat memberatkan Kami yang harus membayar total Rp 300 ribu sebelum sertifikasi cair. Belum lagi dipotong pajak,” kata salah satu guru yang enggan disebut namanya kepada wartawan, Kamis (28/11/19).

Berdasarkan informasi dana yang musti di keluarkan oleh ASN guru SD diantaranya untuk operasional TU sekolah Rp. 150rb, operasional gugus Rp.50rb, Pengawas pembinaan gugus tanda tangan Rp.50rb dan untuk operator pengurus sertifikasi di dinas Rp. 50rb.

“Pertanyaan kami (guru-guru ASN-red) apakah pungutan tersebut ada aturannya atau regulasinya, berikan kami penjelasan jika itu memang dibenarkan menurut  Undang-undang,” ujarnya.

Menurut staf TU di salah satu SD di kelurahan Bahagia membenarkan adanya pengeluaran biaya tanda-tangan untuk pengawas pembinaan gugus.

“Benar, saya serahkan 500rb untuk 10 orang guru biaya tanda tangan pengawas pembinaan gugus,” ucap staf TU yang minta namanya tidak dicantumkan.

Selanjutnya, ketika di konfirmasi kepada Sekretaris Dinas Pendidikan H. Asep Saepulloh mengatakan tidak mengetahui terkait hal tersebut.

“Kami baru tahu, sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas informasinya, dan nanti akan kami kroscek kebenarannya jika benar adanya tentu akan kami sanksi oknum tersebut,” kata Asep di ruang kerjanya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) SD pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi Hery Herlangga dengan tegas mengatakan bahwa hal tersebut adalah “PUNGLI” (pungutan liar).

“Ya itu pungli, yang jelas dalam hal pencairan dana sertifikasi tidak ada biaya apapun dan kami tidak pernah perintahkan apapun untuk memungut administrasi pencairan sertifikasi,” tegas Hery ketika dimintai keterangan di ruangannya oleh sejumlah awak media.

Dia pun mengaku akan melakukan investigasi dan melakukan kroscek terhadap adanya pungutan biaya sertifikasi tersebut. Bahkan Hery mengajak wartawan untuk bersama-sama melakukan investigasi.

“Iya, rekan-rekan sosial kontrol, ayo kita sama-sama investigasi,” pungkasnya.

Penulis: Syam Editor: Adunk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here