Beranda RAGAM DAERAH Pemkab OKU Akan Terapkan Pilkades E-Voting Tahun 2020

Pemkab OKU Akan Terapkan Pilkades E-Voting Tahun 2020

667
0
BERBAGI

Oku.sumsel.( faktahukum.co.id) -Rencana Pemerintah Kabupaten OKU untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa secara elektronik (Pilkades e-Voting) pada tahun 2020 mendatang semakin menguat. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Oku Yanius Zulfarino.SE.M,Si yang dihubungi via handphone selulernya Selasa, (29/4/19)

menyampaikan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa selaku penanggung jawab urusan pilkades bersama Dinas Komunikasi dan Informatika sedang merumuskan draft Peraturan Bupati OKU Tentang pemilihan Kepala Desa untuk dibahas bersama melalui Bagian Hukum dan HAM Setda OKU. Draft rancangan perbup tersebut akan menjadi dasar petunjuk pelaksanaan Pilkades e-Voting.

Lebih lanjut Yanius menyampaikan bahwa dikarenakan keterbatasan anggaran, Pilkades e-Voting pada tahun 2020 baru sebatas pada beberapa desa yang akan dijadikan pilot project / pionir.

Tidak menutup kemungkinan setiap kecamatan akan diwakili oleh satu desa yang memiliki DPT yang tidak terlalu banyak. Pelaksanaan pilkades e-Voting membutuhkan tahapan yang panjang. Persiapan ini diantaranya berupa persiapan, sosialisasi serta pelatihan bagi para operator / panitia pilkades,”ujar Yanius.

Sedangkan saat ditanya di desa mana saja pelaksanaan tersebut, sedang di kaji lebih lanjut oleh pemerintah kabupaten melalui Dinas PMD, terutama dari sisi teknis dan sisi anggaran yang akan disiapkan melalui Perubahan APBD Tahun 2019 serta APBD Tahun 2020, sambung Yanius.

Kita berharap setiap tahapan akan dapat berjalan dengan lancar, sehingga akan mempermudah panitia dan masyarakat dalam melaksanakan salah satu pesta demokrasi tersebut, tutup Yanius.( Marti/02)