Beranda RAGAM DAERAH Pemkab Barut Ikuti Rakernas Pembangunan Pertanian Secara Virtual

Pemkab Barut Ikuti Rakernas Pembangunan Pertanian Secara Virtual

45
0
BERBAGI

Muara Teweh-Kalteng, (faktahukum.co.id) – Bupati Barito Utara (Barut) H. Nadalsyah didampingi Plt. Kepala Dinas Pertanian Barut, Syahmiludin A Surapati dan bidang terkait lainnya mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) pembangunan pertanian, Senin (11/1/21).

Rapat secara virtual ini untuk memperkuat sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara.

Acara yang digelar oleh Menteri Pertanian ini diikuti Presiden RI Ir. H. Joko Widodo serta seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Rakernas ini digelar dalam rangka penyusunan program kerja Kementrian Pertanian tahun 2021. Arah pembangunan pertanian tahun 2021 adalah pertanian maju, mandiri dan modern.

Lebih lanjut, hal ini tentu menjadi kekuatan dikala dunia saat ini sedang berasa dimasa Pandemi Covid-19.

“Untuk sektor pertanian justru menjadi salah satu penopang pendapatan negara terlebih dikaitkan dengan soal ketahanan pangan warga Indonesia,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Dalam rapat ini diharapkan meningkatkan produktivitas dan diversifikasi pangan dan setiap Propinsi/Kabupaten harus ada pangan lokal seperti pisang, sagu dan sorgun.

Bupati Barut, H Nadalsyah mengatakan, ditengah kondisi melemahnya ekonomi nasional sebagai dampak dari wabah covid-19 ternyata sektor pertanian membuktikan menjadi penyelamat perekonomian nasional dan tetap menjadi andalan.

Karena ini tetap bisa tumbuh dengan positif dan memberikan kontribusi yang tertinggi dibanding sektor ekonomi lainnya.

Menurutnya, Program Food Estate yang telah dicanangkan dan saat ini terus dibangun  hendaknya menjadi sumber motivasi dan pemicu peluang untuk bisa menekuni kegiatan usaha tani yang lebih fokus dan terintegrasi.

H. Nadalsyah berharap semoga jajaran Distan Barut bersama masyarakat pada khususnya bisa melihat hal ini menjadi sebuah peluang untuk melaksanakan kegiatan pembangunan pertanian yang semakin baik, maju berkembang, mandiri dan memiliki daya saing.

“Kita tekuni dengan sungguh sungguh usaha di bidang pertanian agar menjadi sumber usaha yang bisa diandalkan sebagai jaminan hidup dan masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Penulis : Alie. Editor : Ade’M.