Beranda RAGAM DAERAH Pemkab Bantaeng Panen Raya.”PADI”

Pemkab Bantaeng Panen Raya.”PADI”

709
0
BERBAGI

Bantaeng, Sul-Sel (faktahukum.co.id) – Pemerintah saat ini melalui Kementerian Pertanian sedang memprioritaskan upaya khusus pencapaian swasembada pangan khususnya komoditas padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Bantaeng baru saja menggelar Panen Raya “Padi” yang terselenggara atas kerjasama dengan Biota Plus dalam rangka Gerakan peningkatan produksi melalui ketersediaan bupuk, dan benih, yang dilaksanakan di Kelurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng, (19/04/19)

Kepala Dinas Pertanian,Hj.Rahmania mengatakan bahwa di era kepemimpinan DR. H. Ilham Azikin selaku Bupati, telah dicanangkan beberapa program unggulan di bidang pertanian, salah satunya adalah menjamin ketersediaan pupuk dan benih.

“Dengan program unggulan tersebut, kami semakin termotivasi untuk berkreasi, dengan menghadirkan produsen pupuk yang mampu meningkatkan hasil produksi,” ungkapnya.

PT. Tri Harmoni Abadi, menghadirkan pupuk organik cair, suatu paket teknologi biota yang saat ini telah digunakan di Laboratorium Bantaeng, dan berhasil meningkatkan produksi padi yang signifikan dari 5 ton, menjadi 9 ton.

“Ada begitu banyak keuntungan dengan adanya pupuk ini, yakni mudah digunakan, harganya lebih murah, serta tentunya ramah lingkungan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Bantaeng.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantaeng, H. Abdul Wahab yang pada kesempatan tersebut mewakili Bupati Bantaeng, dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya ketersediaan pupuk di Kabupaten Bantaeng melalui produsen pupuk yang bersertifikat, dan ramah lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menghadirkan ketersediaan pupuk yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat/ petani di Kabupaten Bantaeng untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Melalui kegiatan ini, saya mengharapkan kepada semua petani/kelompok tani untuk terus berupaya mencari peluang-peluang untuk meningkatkan produksi, dan produktivitas melalui penerapan berbagai teknologi baru yang senantiasa berkembang terus dari waktu ke waktu,” himbau Sekretaris Daerah Bantaeng.

Paket teknologi biota ini telah diterapkan di berbagai Kabupaten lainnya. untuk Kabupaten Bantaeng sendiri, telah dicoba pada beberapa komoditi, salah satunya jagung yang mana hasilnya meningkat, dengan cukup maksimal dari 7 ton menjadi 22 ton.

Turut hadir pada kegiatan panen tersebut antara lain Dandim 1410 Bantaeng Letkol (inf) Nanang Siswoko, Kapolres Bantaeng AKBP. Adip Rojikan, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, H. Syamsul Suli, Direktur Utama PT. Tri Harmoni Abadi, H. Muh. Ali, serta para penyuluh pertanian, dan kelompok tani di wilayah sekitar Kabupaten Bantaeng..
(Tomy/Bily/fhi02)