Beranda RAGAM DAERAH Pemerintah Kecamatan Cikarang Barat Bersama FPRB Adakan Giat Tanam Pohon dan Bersih...

Pemerintah Kecamatan Cikarang Barat Bersama FPRB Adakan Giat Tanam Pohon dan Bersih Sungai

62
0
BERBAGI

Kab. Bekasi – Dalam rangka menjalankan program membangun Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Pemerintah Kecamatan Cikarang Barat bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa/Kelurahan se Kecamatan Cikarang Barat, melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih susur sungai Kali Cikarang.

Kegiatan tersebut juga berkaborasi dengan Komunitas Pelestari Lingkungan, bertempat di Taman Hati, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Sabtu (21/01/23).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum FPRB Kabupaten Bekasi Tuti Yasin, beserta Sekjen Iwan Lentik, Kepala Bidang BPBD M.Said, Obon Tabroni Anggota DPR Pusat, Junjun SE, mewakili Camat Cikarang Barat dan Unsur Muspika Cikarang Barat.

Tuti Yasin sebagai Ketua Umum FPRB Kabupaten Bekasi mengapresiasi kegiatan tersebut, atas terselanggaranya kegiatan, dan nantinya bisa menjadi edukasi masyarakat ketingkat terbawah yaitu rumah tangga dalam menjaga dan merawat lingkungan agar tetap terjaga.

“Apresiasi atas inisiasi tetselenggara acara ini untuk menjaga lingkungan, yaitu salah satunya menjaga sungai di Kali Cikarang yang di kolaborasikan oleh seluruh para Relawan Garda Mantab,” tuturnya.

Tuti juga mengatakan, bukan hanya seremonial yang diharapkan melainkan rutinitas kegitan untuk menjaga lingkungan terus dilaksakan agar menjadi cotoh untuk masyarakat sekitar.

“Impek dari kegiatan ini diharapkan bukan hanya sekedar kegitan seremonial, tapi menjadi kegiatan rutinitas menjaga Kali Cikarang, agar tetap terjaga dari dampak limbah idustri maupun sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga,” ujarnya.

Lebih dari pada itu lanjut Tuti, selain menjaga lingkungan kegiatan ini juga dapat mengedukasi masyarakat sekitar.

Hal sama juga dikatakan Junjun SE, selaku mewakili Kecamatan Cikarang Barat menyampaikan, pentingnya kolaborasi Pemerintah Kecamatan dan desa dengan masyarakat juga komunitas dalam melestarikan lingkungan.

Agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan, merupakan bentuk pencegahan terjadinya bencana secara dini.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon dan bersih sungai, tidak lain bertujuan mengajak masyarakat untuk sadar dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan,” tuturnya.

“Disamping itu juga dengan memperkuat kolaborasi FPRB kecamatan dengan tingkat desa ataupun kelurahan yang ada di Kecamatan Cikarang Barat dan Komunitas Pelestari Lingkungan.

Untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungannya, agar alam tetap hijau serta menjaga kebersihan sungai guna keberlangsungan ekosistem lingkungan dan kepedulian kita antar sesama dan salah ini juga salah satu bagian dari pembangunan desa tangguh bencana,” ujar Jujun.

Selain kegiatan menanam pohon dan bersih sungai, juga santunan untuk anak yatim sebanyak 75 lebih yang ada di sekitar.
(H. Bonding/Tim)