Home RAGAM DAERAH Pemdes Mekarsari Gelar Pelantikan BPD Periode 2019-2025

Pemdes Mekarsari Gelar Pelantikan BPD Periode 2019-2025

52
0
SHARE

Sukabumi, (faktahukum.co.id) – Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggelar pelantikan Anggota BPD priode 2019-2025, di Aula Kantor Desa Mekarsari, Jumat, (12/7/19).

Acara pelantikan dihadiri Muspika Kecamatan Cicurug, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama, kader posyandu, serta para Pimpinan Aqua AGM- Mekarsari Dan Aqua TIV-Babakanpari.

Dalam kesempatan itu Camat Cicurug Wawan Godawan menuturkan,”Berkenaan akan diselenggarakannya pilkades serentak gelombang ketiga November 2019 yang salah satunya didesa Mekarsari ini maka kita harus mengikuti tahapan-tahapannya,”kata Camat.

Ia mengemukakan lebih lanjut,”Hari ini salah satu tahapan sudah kita laksanakan dan tahapan selanjutnya dalam tiga hari kedepan BPD yang hari ini dilantik agar bisa menentukan ketuanya, sekaligus agar dapat segera membentuk panitia pilkades, saya harap pilkades di Kecamatan Cicurug ini bisa aman dan lancar sesuai harapan kita semua,”ungkapnya.

Selanjutnya Pjs Kades Mekarsari Junaedi saat ditemui faktahukum.co.id diruang kerjanya mengatakan,”Saya sangat berharap agar BPD yang sekarang bisa bekerja sama dengan pemerintahan desa Mekarsari dalam mengolah desa, BPD yang baru dilantik ini agar bisa lebih selektif untuk mengawasi pemerintahan desa mekarsari kedepannya,”tuturnya.

Selain itu, lanjut Junaedi,”Mudah-mudahan BPD yang baru dilantik ini dapat segera menempuh tahapan-tahapan dalam rangka menjelang Pilkades serentak 2019,”ucapnya.

Sementara itu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemdes. BPD dapat dianggap sebagai parlemennya desa dan merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya.

Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Penulis: Ichsan Editor: Adunk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here