Home RAGAM DAERAH Pemda Konsel Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Bendahara Desa

Pemda Konsel Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Bendahara Desa

49
0
SHARE

Konsel, (faktahukum.co.id) – Sejumlah 170 Kepala Urusan (Kaur) Keuangan/Bendahara Desa dari 13 Kecamatan seluruh Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan di Hotel Athaya – Kota Kendari, Minggu (14/4/19) Malam.

Pelatihan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si di dampingi Kadis PMD, Drs. Asaapi dan Kabid Pemerintah Desa, Asmurdani tonga, S.STP.,M.Si.

Kegiatan di gelar untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman para Bendahara Desa dalam tata kelola sistem keuangan Desa yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta untuk menyinkronkan perencanaan pembangunan baik yang ada di Desa, Kabupaten, Provinsi maupun di Pusat.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Konsel, Sjarif Sajang menyampaikan apresiasi kepada DPMD bersama jajaran atas terselenggaranya kegiatan ini, yang menurutnya sangat penting di laksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan Desa yang lebih baik.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut kegiatan kerjasama antara BPKP dan Pemda melalui DPMD beberapa waktu lalu, jelas Sjarif, untuk melatih para Bendahara Desa dalam membuat perencanaan dan pelaporan keuangan sesuai ketentuan Permendagri No 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa.

Kita berharap dengan pelatihan ini bendahara Desa bisa lebih memahami sistem keuangan yang benar sesuai ketentuan, sambungnya, agar sesuai penggunaannya dan terhindar dari dampak hukum, serta terbangun sinergitas perencanaan dan pelaporan keuangan mulai dari Desa, Kabupaten, Provinsi hingga Pemerintah Pusat.

“Dan dapat mewujudkan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang transparan, akuntabel dan tepat sasaran di Konsel sehingga pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan cepat pada semua bidang demi mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat,” tandas Sjarif.

Mantan Kadis Perhubungan Kota Kendari ini juga menambahkan, agar kiranya aparat yang telah mengikuti pelatihan workshop hari ini tidak mudah diganti, sepanjang bekerja sesuai aturan yang berlaku, apalagi mereka telah dibekali ilmu yang mumpuni dari para nara sumber berkompeten, yakni dari BPKP, Dinas Keuangan dan Inspektorat, yang tentunya hanya tinggal diberikan bimbingan saja.

Sementara itu, Kabid PD DPMD Konsel, Asmurdani, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari workhsop Siskeudes oleh BPKP, yang diperuntukkan bagi para bendaharan teruntama bendahara baru bagi desa yang baru terpilih, untuk lebih meningkatkan kapasitas agar pengelolaan keuangan lebih akuntabel dan lebih berkualitas

“Kita ajarkan dasar-dasar pengelolaan keuangan berdasarkan Permendagri No 20 Tahun 2018, yang akan di lanjutkan bagaimana cara menguasasi aplikasi Siskeudes atau di Kabupaten lebih dikenal dengan Aplikasi Simda Barang/Keuangan,” ungkapnya.

Asmurdani juga menjelaskan bahwa peserta kegiatan gelombang pertama hari Ini diikuti 170 Bendahara Desa dari 13 kecamatan, selanjutnya gelombang kedua akan di laksanakan tanggal 23-25 April 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 166 orang dari 12 Kecamatan.

“Kita berharap dengan pelatihan ini pengetahuan mereka lebih komplit dan bisa mempertanggung jawabkan setiap pelaporan keuangan yang ada di Desanya,” pungkasnya.(Edison)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here