Beranda RAGAM DAERAH Pemda Gayo Lues Akan Gelar Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Asholihin

Pemda Gayo Lues Akan Gelar Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Asholihin

31
0
BERBAGI

Gayo Lues-Aceh, (faktahukum.co.id) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gayo Lues akan menggelar shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Asholihin Blangkejeren.

Hal itu dilakukan karena lapangan Pancasila sebagai tempat biasa pelaksanaan shalat Ied di kota Blangkejeren digenangi air akibat hujan yang mengguyur terus menerus.

“Rencana awal Pemda akan mengelar shalat Idul Fitri di lapangan Pancasila, karena lapangannya digenangi air kita arahkan ke Mesjid Raya,” kata Bupati Gayo Lues HM Amru, Rabu (12/5/2021)

Selain itu, Bupati juga mengintruksikan kepada panitia pelaksana agar segera menata pelataran parkir untuk jemaah.

Ia juga meminta kepada satuan Polantas dan Dinas Perhubungan agar mengatur arah lalu lintas karena selama pelaksanaan shalat Idul Fitri berlangsung jalur dua arah tersebut ditutup mulai dari perempatan kota hingga depan hotel wahyu.

“Jamaah yang akan mengikuti sholat Idul Fitri, agar mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan baik sebelum dan sesudah melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri,” paparnya.

Rumah-rumah ibadah juga hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas yang ada, sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama, sembari menegaskan kepada aparat keamanan agar mengawasi pelaksanaan shalat Idul Fitri, dan memberi sanksi bagi yang melanggar Prokes.

”Saya tidak mau kejadian seperti di India terjadi di Gayo Lues, ramai ramai melaksanakan tradisi dan ibadah tanpa hiraukan protokol kesehatan yang berujung pada kematian ribuan orang setiap hari, “ tegasnya.

Penulis: Rauf Ariga. Editor: M. J.