Beranda POLITIK Pembelajaran Politik, Murid SD Kunjungi Kantor DPC Partai Demokrat Banyuwangi

Pembelajaran Politik, Murid SD Kunjungi Kantor DPC Partai Demokrat Banyuwangi

659
0
BERBAGI

Banyuwangi, (faktahukum.co.id) – Kepolosan dan kejujuran anak – anak memang benar adanya. Seperti yang terjadi pada siswa/siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Menoreh Banyuwangi saat berkunjung ke kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi, Kamis (17/1/19).

Salah satu siswa saat berdialog dengan ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mengatakan bahwa dirinya mengaku tidak ingin masuk ke dunia politik. Bahkan dia merasa takut dengan politik. Alasannya, dunia politik jika salah sedikit saja akibatnya bisa menjadi fatal dan bahkan bisa masuk penjara.

“Saya takut jadi presiden, takut menjadi anggota partai politik. Contohnya Pak Ahok (Basuki Tjahaya Purnama) salah bicara satu kata saja masuk penjara,” ungkap Tursiah, salah satu siswa SD Menoreh Banyuwangi.

Siti Sofiah, salah satu guru yang mendampingi para murid SD tersebut menyatakan, kunjungannya ke kantor DPC Partai Demokrat itu merupakan bagian dari kegiatan field trip yang dilakukan murid kelas V dan VI SD Menorah.

Kegiatan belajar politik itu merupakan bagian dari pelajaran PKN dan IPS. “Tiap bulan temanya bergantian. Tema bulan ini kebetulan tentang organisasi dan politik,” ungkapnya, kepada awak media.

Dengan kegiatan ini, dia berharap, murid-muridnya mengenal politik itu apa. Dalam field trip, lanjut Sofi, para siswa itu juga belajar untuk menjadi seorang pemimpin. Salah satu caranya dengan belajar melalui pemimpin idolanya atau pemimpin yang ada di sekitar mereka.

Sofi, menambahkan, mereka sering bertanya tentang politik yang tidak bisa kami jawab. Dengan kegiatan ini mereka bisa mendapatkan jawaban langsung dari salah satu pengurus partai yang ada di Kabupaten Banyuwangi,”pungkasnya.

Sementara itu, Michael Edy Hariyanto, ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi mengaku tidak menyangka para siswa SD itu begitu antusias ingin mengenal tentang partai politik. Michael, mengaku bangga dan salut mereka mau datang dan ingin belajar politik.

Pekan lalu, pihak sekolah datang untuk menyampaikan keinginan muridnya untuk bertemu dengan DPC Partai Demokrat.

“Mereka sangat antusias ingin tahu tentang politik dan ini merupakan hal yang sangat positif karena pembelajaran politik memang harus dilakukan sejak usia dini minimal dikenalkan terlebih dahulu sehingga politik bukan menjadi hal yang ditakuti, karena sebenarnya dengan masuk partai politiklah kita bisa berbuat yang terbaik untuk masyarakat,”terangnya.

Michael Edy juga berkata, para siswa itu rata-rata ketakutan tentang politik. Dirinya juga menjelaskan, melalui Partai Politik bisa berbuat banyak untuk rakyat. Karena dengan politik praktis kita bisa mengubah, membantu dan menolong rakyat.

“Anak-anak itu tidak tahu kehidupan yang sebenarnya terutama di Kabupaten Banyuwangi. Masih banyak masyarakat Banyuwangi yang kekurangan, melalui politik praktis inilah kita akan perjuangankan untuk menyelamatkan Banyuwangi dari kemiskinan yang bertujuan ingin membuat masyarakat sejahtera,”pungkas Sang Ketua panggilan akrab Michael Edy Hariyanto. (Tim)