Beranda BERITA UTAMA Pembangunan Jalan Tol Paspro, Warga Pohsangit Lor Tunggu Ganti Rugi PT. Waskita...

Pembangunan Jalan Tol Paspro, Warga Pohsangit Lor Tunggu Ganti Rugi PT. Waskita Karya

578
0
BERBAGI

Probolinggo (FHI) – Setelah warga Pohsangit Lor melakukan blokade jalan pada pelaksanaan Jalan Tol Paspro pada tanggal 13 dan 14 September 2017 terkait dengan dampak abu yang menimpa tanaman warga, sekarng warga menunggu kepastian ganti rugi tanaman yang terkena dampak debu akibat pengurukan yang dilakukan PT. Waskita Karya selaku pelaksana Proyek Paspro.

Menurut pengamatan wartawan Fakta Hukum Indonesia (FHI) dilapangan memang terjadi pencemaran lingkungan yang diakibatkan sebaran debu dari truck pengangkut tanah yang melewati persawahan dan perkampungan warga, bahkan akibat dari sebaran debu tersebut ada beberapa masyarakat yang diserang batuk-batuk dan mengganggu hewan ternak warga.

Menurut warga akibat dari dampak debu tersebut masyarakat menginginkan adanya penyiraman rutin dan pembuatan pagar pengaman agar debu tidak bertebaran ketanaman warga, dan juga tanaman yang sudah terkena dampak debu tersebut sebisanya diberi ganti rugi yang wajar oleh pihak Waskita Karya.

Menurut pihak PT. Waskita Karya saat melakukan silaturahmi dengan FK LSM Probolinggo,”Semua keluhan-keluhan masyarakat akan kami tampung dan akan kami realisasikan sesuai dengan kondisi dilapangan, termasuk penyiraman secara rutin dari pihak PT. Waskita Karya sudah menyiapkan sumur bor yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman yang terkena dampak debu proyek,”ujarnya.

Setelah disinggung terkait dengan ganti rugi tanaman yang sudah terkena dampak debu tersebut akan diganti sesuai dengan kerugian yang ada, namun kapan realisasi ganti rugi belum dapat dipastikan. (Ang)