Beranda HUKRIM Pelaku Curas Pecah Kaca di Depan BRI Muara Teweh Akhirnya Diringkus Polisi

Pelaku Curas Pecah Kaca di Depan BRI Muara Teweh Akhirnya Diringkus Polisi

190
0
BERBAGI

Salah satu tersangka Curas di Depan Bank BRI Muara Teweh, yang berhasil ditangkap Tim Buser Satreskrim Polres Barito Utara. foto (7/4/2021).

Muara Teweh-Kalteng, (faktahukum.co.id)
Pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) dengan modus pecah kaca yang terjadi pada Maret 2021 di depan kantor cabang  Bank Rakyat Indonesia (BRI) Muara Teweh Jalan Tumenggung Surapati, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara, Kalteng akhirnya  berhasil diringkus polisi.

Pelaku AD (45), warga Jalan Dahlia Gg Budaya, kecamatan Banjarmasin Barat, kota Banjarmasin, Kalsel ditangkap Tim Buser Satreskrim Polres Barito Utara.

“Pada Rabu (7/4/ 2021) sekira pukul 18.20 WITA anggota Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut diback up oleh Resmob Polda Kalimantan Tengah, Resmob Polda Kalimantan Selatan, Resmob Polresta Banjarmasin, Resmob Polsek Banjarmasin Selatan, Resmob Polsek Banjarmasin Barat, dan Resmob Polsek Banjarmasin Tengah berhasil menangkap tersangka AD di rumahnya,  di jalan Dahlia Gg Budaya, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin ,Kalsel,” terang Kapolres Barut AKBP Dodo Hendro Kusuma S.I.K., melalui Kasat Reskrim AKP M. Tommy Palayukan, Jum’at (9/4/2021) kepada wartawan.

Barang bukti yang digunakan pelaku curas di depan Bank BRI muara teweh saat melakukan aksinya.                                       

Menurut Kasat Reskrim,  kejadian pencurian ini terjadi pada Kamis (18/3/2021) lalu, di depan kantor BRI cabang Muara Teweh Jalan Tumenggung Surapati, Kelurahan Melayu.

“Jalannya kejadian pada saat korban melakukan transaksi di ATM Bank BRI Cabang Muara Teweh, korban mendengar teriakan maling kemudian korban keluar dari ruang ATM dan melihat mobil merk Honda Brio miliknya yang diparkir di depan Bank BRI Cabang Muara Teweh sudah dalam keadaan pecah kaca pintu depan sebelah kanan, setelah itu korban melihat kedalam mobil dan uang yang berada di dalam mobil tersebut telah hilang,” ujar tommy.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 5 juta,- dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Barito Utara.

“Mendapat laporan mengenai telah terjadinya tindak pidana Pencurian (Pecah Kaca) tersebut, kemudian anggota Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan,” kata Kasat Reskrim.

Selanjutnya dilakukan pengecekan terhadap CCTV yang ada di sekitaran Bank BRI cabang Muara Teweh dan sekitarnya terlihat seorang laki-laki yang tidak diketahui identitasnya menggunakan baju kemeja lengan pendek kotak kotak warna biru dan celana jeans panjang sedang berjalan dari arah depan kantor Dinas Pariwisata.

“Kemudian mendekat ke arah mobil Brio milik korban dan memecahkan kaca depan sebelah kanan milik korban dan mengambil barang yang ada di dalam mobil milik korban dan datang seorang laki-laki yang tidak diketahui identitasnya menggunakan sepeda motor Yamaha Fino Warna Ungu menggunakan helm warna pink, kemudian membawa seorang laki-laki tersebut ke arah jalan Yetrosingseng,” ungkapnya.

Kemudian anggota Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut melakukan penyelidikan terhadap dua orang laki – laki tersebut dan mengetahui identitas nya bernama UT dan IJ (residivis pencurian di wilayah hukum Kalimantan Selatan).

Dari keterangan tersangka AD mengakui perbuatannya melakukan pencurian dengan cara memecahkan kaca mobil bersama-sama dengan IJ kemudian uang hasil dari kejahatan sebesar Rp2 juta dibagi 2 dengan IJ.

Setelah meringkus AD, unit Buser Sat Reskrim kemudian melakukan penggerebekan rumah IJ yang berada di Gang Bambu Kelayan Timur , Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan akan tetapi IJ tidak ada, namun tim gabungan berhasil mengamankan satu unit Yamaha Fino dengan Nopol DA 6327 ACI dan satu buah helm merk ink yang berada di samping rumah IJ,” jelasnya.

“Tersangka AD dan barang bukti satu unit sepeda motor yamaha dengan nopol DA 6327 ACI, satu buah helm ink, satu buah helm merk Honda, satu buah obeng sudah dibawa ke Mapolres Barito Utara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas perbuatannya, Ia  dijerat Pasal 363 Ayat (1) Ke 4e Juncto 362 KUH Pidana,” tutup AKP Tommy.

Penulis : @lie.    Editor : Ade’M.