Home NASIONAL Pawai Dongdang di Desa Hegarmukti Meriahkan HUT RI Ke-74 

Pawai Dongdang di Desa Hegarmukti Meriahkan HUT RI Ke-74 

74
0
SHARE

Bekasi, (faktahukum.co.id ) – Pemerintah Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74 dengan menggelar pesta rakyat berupa Pawai Dongdang, Reog Tegal Danas dan Wayang Golek bertempat di Plaza Desa Hegarmukti.Sabtu (17/08/19),kemarin.

“Pawai Dongdang ini sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Hegarmukti di setiap HUT Kemerdekaan,” kata Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo saat ditemui awak media Fakta Hukum Indonesia.

Para peserta karnaval dan pawai dongdang yakni rumah-rumahan yang di isi nasi tumpeng, hasil pertanian dan makanan beriring-iringan menggunakan kendaraan datang ke kantor desa dari wilayah RT masing-masing.

Selama mengikuti pawai dan karnaval, semua mobil dan sepeda motor berjalan dengan tertib dan rapi serta mendapat pengawalan dari Polisi dan TNI. Tidak ada yang saling serobot dalam perjalanan tersebut, peserta tampak ingin mencontohkan budaya tertib dan adab berlalu lintas.

Mereka berbaur dengan warga yang berasal dari RT lainnya dan menampilkan pentas serupa.

Selain diramaikan dengan Pawai Dongdang, Odong-odong dan Reog Tegal Danas, perayaan HUT RI di Desa Hegarmukti juga semarak dengan kostum peserta khas perjuangan sehingga membuat acara semakin meriah.

“Kami senang melihat kemeriahan masyarakat yang antusias menyambut HUT RI di Desa Hegarmukti” kata Ketua BPD Desa Hegarmukti, Dedi Hedriana.

Dia berharap, tahun depan semakin meriah lagi dan melalui kegiatan tersebut, persatuan dan kesatuan warga Desa Hegarmukti semakin meningkat.

Sebelum Pawai Dongdang, Odong-odong dan Reog Tegal Danas, Pemerintah Desa Hegarmukti melaksanakan upacara memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74 yang dipusatkan di Plaza Desa. Bertindak selaku pembina upacara yakni Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo dan selaku komandan Upacara yakni Babinsa TNI AD, Serda Samlawi.

Peserta upacara diikuti oleh para Kadus, Ketua RW, RT, pemuka adat, Linmas, Karang Taruna dan BUMDES dan perangkat Desa Hegarmukti lainnya dan para dewan guru dan siswa siswi SDN yang ada di Desa Hegarmukti.

Penulis : M2. Editor : Syam Hunter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here