Beranda RAGAM DAERAH Pangdam I/BB Berangkatkan Satgas Yonif Raider 100/PS ke Daerah Penugasan Pamtas RI-PNG

Pangdam I/BB Berangkatkan Satgas Yonif Raider 100/PS ke Daerah Penugasan Pamtas RI-PNG

68
0
BERBAGI

Medan – Sumut, (faktahukum.co.id) – Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjend TNI Irwansyah secara resmi memberangkatkan Satgas Yonif Raider 100/PS ke daerah penugasan Pamtas RI-PNG TA 2020 di Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (27/6/20).

Pangdam menjelaskan, Satgas Yonif Raider 100/PS yang berangkat tugas operasi darat Pamtas RI-PNG TA 2020 ini dengan Komandan Satgas, Mayor Inf M Zia Ulhaq yang juga Danyonif Raider 100/PS.

“Pemberangkatan Satgas Yonif Raider 100/PS menuju daerah penugasan di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua dari Pelabuhan Belawan menggunakan KRI Banjarmasin-592 yang merupakan kapal perang jenis LPD (Landing Platform Dock) yang berada di bawah Kolinlamil TNI AL,” jelas Pangdam.

Dalam upacara ini, Pangdam berpesan kepada personel Satgas Yonif Raider 100/PS untuk menjaga dengan segenap hati dan jiwa raga kepercayaan yang telah diberikan bangsa dan negara.

“Pangdam I/Bukit Barisan mengingatkan bahwa kepercayaan Bangsa dan Negara yang telah diberikan ini merupakan kehormatan dan kebanggaan, dengan harapan mampu mengemban tugas mulia ini demi keutuhan dan kedaulatan NKRI,” ucap Pangdam.

Pangdam Mayjend Irwansyah juga meminta kepada seluruh personel untuk memahami wilayah tugas yang merupakan daerah rawan, baik aksi kelompok bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyelundupan maupun pergeseran batas wilayah.

Dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

“Oleh karena itu, dibutuhkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan kesungguhan dari seluruh prajurit Satgas Yonif Raider 100/PS untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan dengan baik. Untuk itu, Pangdam I/Bukit Barisan memerintahkan kepada seluruh prajurit agar selalu waspada dan siap siaga serta jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas guna menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujar Pangdam.

Diakhir arahannya, Pati TNI AD lulusan Akmil 1985 ini memberi penekanan untuk dijadikan pedoman bagi seluruh personel Satgas Yonif Raider 100/PS.

Yakni, tetap memelihara keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas di manapun berada.

Laksanakan tugas ini dengan memadukan operasi teritorial dan operasi intelijen serta operasi tempur secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku.

Pahami, hormati kultur dan adat istiadat masyarakat setempat serta rebut simpati dan hati rakyat, sehingga terjalin Kemanunggalan TNI-Rakyat dan kehadiran kalian dapat diterima masyarakat perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan, tanpa melupakan kewaspadaan serta tidak mudah terpancing oleh segala bentuk provokasi.

Jalin komunikasi yang harmonis dengan aparat pemerintah setempat, sehingga kendala yang kalian hadapi di lapangan dapat diatasi dengan baik.

Kendalikan diri dalam situasi apapun di medan tugas, patuhi dan laksanakan petunjuk serta perintah pimpinan di lapangan, serta jaga martabat dan kehormatan Kodam I/Bukit Barisan di manapun kalian berada dan bertugas. Tutup Pangdam

Turut hadir dalam acara, antara lain Kasdam I/BB, Danlantamal I Belawan, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, Danrem 022/PT, para Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam, LO TNI AL, dan TNI AU, para Kabalak dan para Dansat BS wilayah Medan, serta Plt Wali Kota Medan, Kapolrestabes Medan, Kapolresta Deliserdang, Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, Kepala Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan, GM Pelindo I Cabang Belawan, GM BICT, GM BLC, dan Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Neneng Irwansyah beserta jajaran pengurus.

Penulis: M. Jhn/Pendam I/BB Editor: Cep Adunk