Beranda RAGAM DAERAH Miris, 15 Tahun Warga Kampung Tauladan Kesulitan Dapatkan Air Bersih

Miris, 15 Tahun Warga Kampung Tauladan Kesulitan Dapatkan Air Bersih

241
0
BERBAGI

Pandeglang-Banten, (faktahukum.co.id) – Miris, melihat kondisi warga Kp. Tauladan/Baktisari, Des. Tangkilsari, Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang, yang sudah sekitar 15 tahun, kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk mendapatkan air bersih, warga Kp.Tauladan/Baktisari, harus berjalan sekitar 400 sampai 500 meter, ke sungai untuk mendapatkan air.

Kondisi permukaan tanah yang berada di atas bukit menjadi salah satu kendala untuk mendapatkan air bersih.

Sarinah (40) salah satu warga mengatakan, dirinya sangat berharap adanya bantuan saluran air bersih di kampung nya.

“Kami warga disini sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah, untuk bisa mengatasi permasalahan air bersih yang sudah sekian lama ini.

Ketua Jaringan Aspirasi Masyarakat Pandeglang (Jam-P), sangat menyayangkan kondisi seperti ini, disaat pemerintah selalu menggaungkan kesejahteraan untuk rakyat.

“Sangatlah disayangkan dimana pihak Pemerintah yang selalu menggaungkan, kesejahteraan untuk masyarakat, tetapi fakta di lapangan masih didapati masyarakat yang tidak bisa mendapatkan air bersih,” kata Sujana. Jumat (11/7/2021).

Masih kata Sujana, sebagai seorang aktivis, Ia meminta kepada pemerintah daerah untuk segera membuatkan saluran air bersih (penampungan air) untuk warga Kp. Tauladan/Baktisari. “Air bersih adalah sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup, untuk itu  pemerintah harus segera mencari solusi agar warga Kp. Tauladan/Baktisaari tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih,” pungkasnya.

Sementara di tempat berbeda, Ketua Umum, Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) TB Rahmad Sukendar meminta, kepada pihak pemerintah Kab. Pandeglang, untuk segera membantu warga Kp. Tauladan/Baktisari, agar bisa dengan segera mendapatkan bantuan air bersih.

“Air merupakan kebutuhan pokok mahluk hidup, dengan kondisi masyarakat ada yang kesulitan air bersih, pemerintah wajib untuk mencarikan solusi dan dengan segera memberikan bantuan kepada masyarakat bisa merasakan air bersih yang menjadi kebutuhan pokok mahluk hidup,” kata TB Rahmad Sukendar.

Ia menegaskan, permasalahan ini harus segera ditindak lanjuti. “Permasalahan air di masyarakat harus dengan segera ditindak lanjuti jangan Menunggu-nunggu lagi.  Bila tidak ada tanggapan serius dari Pemkab Pandeglang maka BPI KPNPA RI akan turun ke Pandeglang,” tegasnya.

Penulis: Putra.     Editor: M. J.