Beranda ARTIKEL Menyikapi dan Merenungi Dinamika Hidup Penuh Misteri

Menyikapi dan Merenungi Dinamika Hidup Penuh Misteri

789
0
BERBAGI

Oleh: Syam Raider*

Dinamika kehidupan adalah sebuah misteri atau kondisi yang tidak tetap atau berubah-ubah di setiap detak jantung manusia. Hidup adalah sesuatu yang kita jalani saat ini, disaat kita masih bernafas dan mampu berpijak diatas bumi pertiwi.

Kehidupan adalah perubahan-perubahan atau kondisi yang sering berganti, karena hidup tak selamanya menetap di tempat dan di kondisi yang sama, adakalanya saat ini kita berada dipuncak tertinggi dari dunia, namun adakalanya juga kita harus turun dititik terendah dibumi ini.

Semua itu merupakan proses yang harus dilalui oleh semua orang. Karena dalam hidup selalu ada tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh seseorang. Orang perlu berubah, entah itu direncanakan ataupun tidak direncanakan. Entah itu perubahan baik atau buruk. Atau sama sekali tidak berubah. Jika sekarang kita lemah, mungkin tahun-tahun depan kita akan menjadi kuat dan kokoh, karena merasa bosan dengan kondisi kita dan menginginkan kondisi yang lebih baik dari yang terbaik.

Ketika kita gagal dalam meraih suatu hal, mungkin kita akan jatuh, terkapar dan tersungkur, mungkin kita juga akan sulit bangkit, namun bila kita mau bangkit dan berusaha kita akan menggapai sesuatu yang lebih istimewa”Kegagalan bukanlah sebuah hal yang mampu menghentikan tekad dan impian manusia, dibalik satu mimpi yang tak terwujud akan ada mimpi-mimpi lain yang tercipta dalam benak manusia”.

Perubahan juga dipengaruhi oleh banyak hal. Status dan peran yang berganti seiring dengan bertambah usia kita, serta pengaruh dan dominasi dari budaya-budaya lain yang membuat kita ingin mengikuti budaya tersebut. Atau bahkan penemuan-penemuan baru yang beredar dimasyarakat. Tentu masih banyak lagi dinamis, salah satu sifat dasar manusia yang selalu berkembang dan menginginkan perubahan.***

*Penulis adalah Wakil Pemimpin Redaksi di Majalah Fakta Hukum Indonesia (FHI)