Home RAGAM DAERAH Menjaga Amanah Pemilu Dalam Bintek Politik Pinggiran

Menjaga Amanah Pemilu Dalam Bintek Politik Pinggiran

181
0
SHARE

Rembang_Jateng (faktahukum.co.id) – Sesuai dengan Tugas dan Fungsinya, kedukan seorang Kepala Desa yang telah dimaktubkan oleh Permendagri pada bagian 2 Pasal 6 di ayat 1 dan 2 yang menyebut ia adalah seorang kepala pemerintah di desa yang mempunyai tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan pemerintahan desa.

Dengan melaksanakan segala bentuk pembangunan di desa, berikut melakukan pembinaan kemasyarakatan serta usaha dalam pemberdayaan masyarakat, agar roda pemerintahan dalam struktur otonomi terkecil tersebut bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, seperti penjelasan singkat tentang Tugas dan Fungsi Kepala Desa yang disampaikan oleh Protokoler yang menandakan bahwa agenda sosialisai Bintek terkait Pilkades serentak bertempat di aula lantai 4 Setda Rembang telah dimulai, Rabu (21/8/19).

Setda Rembang melalui Bagian Tata Pemerintahan dalam sambutanya di hadapan seluruh peserta menyampaikan, bahwa sesuai surat edaran Bupati Rembang, penyelenggaraan pemilu kades secara serentak di wilayah tersebut akan dilaksanakan pada 6 November 2019 nati, ungkap Nur Purnomo Mukdiwidodo, membuka agenda.

Sehingga, tambah Purnomo,”Menurut catatan dari sejumlah Kabupaten di wilayah Jateng, Rembang merupakan Kabupaten penyelenggara Pemilu Kades serentak terbanyak pada Periode ke-III ini, yaitu ada sebanyak 237 desa yang melaksanakannya,”tutur Kabag Tapem Setda Rembang.

SUMBER ANGGARAN
“Sesuai dengan UU No.6 Th.2016 dalam penyelenggaraan pemilu kades serentak tersebut dalam penganggaran biaya pelaksanaanya dari semua ditanggung oleh Pemetintah Daerah yang bersumber dari APBD ditransfer langsung ke rekening desa,” ujar Purnomo.

Sanjutnya, Purnomo menghimbau,”Kepada desa untuk mulai dari sekarang mencamtumkan penganggaranya tersebut dalam RPJMDES pada Anggaran Perubahan agar SPJ – LPJ (surat pertangung jawaban dan laporan pertanggung jawaban) bisa dicantumkan,” ucapnya.

Ditegaskanya,”Jika semua penganggaran pelaksanaan pemilu serentak sesyi amanah UU ini telah ditanggung pemerintah, maka panitera atau desa dilarang menerima sumbangan dalam bentuk apapun dari para calon yang sedang berkompetisi tersebut, agar tetap terjaga amanah pemilu yang jujur dan adil terwujud sesuai harapan kita semua,”pungkas dan harap Purnomo sebelum acara Bintek dilanjutkan.

Masih dilokasi yang sama, Suwanto, salah Satu peserta menyampaikan apresiasi positifnya,”Dalam perkembangan regulasi sebagai acuan kerja panitia agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari sangatlah dibutuhkan, agar harapan dalam kompetisi pemilu kades ini memunculkan nama terpilih sesuai dengan harapan warga,”paparnya.

Dia melanjutkan,”Pemimpin yang amanah dapat terwujud jika prosesnya tersebut dilalui dengan tata cara yang benar, jujur dan adil sesuai amanah tentunya,”ungkap penuh harap panitia Pemilu Kades dari Desa Gegunung Wetan, Kec.Rembang Kota ketika dimintai keterangan faktahukum terkait acara tersebut.

Penulis: Sugito Editor: Adunk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here