Home ARTIKEL Menganalisis Antara Hati dan Pikiran

Menganalisis Antara Hati dan Pikiran

88
0
SHARE

Oleh : Syamsuddin

Menganalisi antara hati dan pikiran kadang kala tidak sesuai.bahkan merusak tatanan dari segala aspek,pernahkah anda meragukan sebuah keputusan karena mendengar bisikan yang mengusik pikiran atau merasa khawatir jangan sampai mengambil keputusan yang salah.tentunya ada yang mengatakan iya ada pula yang mangatakan tidak.

Mungkin ini karena intuisi atau hati Anda sedang berbicara. Setiap orang dibekali kemampuan yang sama, yaitu kemampuan memahami berbagai hal dengan cara tertentu, misalnya dengan mempertimbangkan pengalaman masa lalu, keinginan dan kebutuhan yang muncul dari alam bawah sadar, atau kondisi kehidupan saat ini.

Walaupun bisa menjadi masukan yang berguna, intuisi tidak bisa menggantikan proses pengambilan keputusan yang normal. Pikiran, hati, logika dan intuisi, keduanya akan bekerja sama dengan baik jika anda mau sedikit berusaha dan berlatih.

Mulailah dengan memahami arti pikiran. Orang-orang cenderung menganggap pikiran logis sebagai hal yang baik.berpikir logis adalah fungsi atau proses yang mengarahkan tindakan kita berdasarkan logika tanpa melibatkan emosi.

Penilaian subjektif. Pikiran membantu kita memperoleh hal-hal yang baik dan bermanfaat. Dengan alasan tersebut, banyak filsuf yang berpendapat bahwa pikiran lebih baik daripada intuisi.

Pikiran ini mengandung makna filosofis yang dalam, bukan hanya membahas tentang otak,pikiran memiliki arti yang lebih luas dari pada otak, salah satunya adalah tempat bermukimnya kesadaran yang berwujud pada diri anda.

pikiran bertanggung jawab untuk berpikir bijaksana dengan melibatkan perasaan, pola pikir, penilaian yang membuat kita mampu mempertimbangkan baik dan buruk sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang logis.

Ketahui arti berpikir logis. adalah kemampuan mempertimbangkan berbagai variabel dan mengakses, mengolah, serta menganalisis informasi untuk membuat kesimpulan yang tepat. dalam kehidupan sehari-hari,kita harus berpikir logis saat menyusun anggaran keuangan, mempertimbangkan sisi positif dan negatif sebelum pindah kerja, atau memperdebatkan isu politik dengan teman atau sahabat

Pemikiran logis adalah hal yang sangat manusiawi. Pada kenyataannya, kemampuan ini yang membedakan manusia dari binatang sehingga kita mampu menggunakan peralatan, membangun kota, mengembangkan teknologi, dan mempertahankan kelangsungan hidup spesies kita.jadi, pemikiran logis merupakan kemampuan berharga yang sangat bermanfaat.

Dalam hal tertentu, pemikiran logis sangat bermanfaat agar kita bisa mengatasi emosi negatif yang cenderung mengendalikan kita saat mengambil keputusan. Contohnya, jika keputusan kita hanya dikendalikan oleh emosi.

Mungkin banyak yang tidak mau sebab ikatan emosional dan rasa kehilangan orang terdekat akan sangat kuat, sekalipun pikiran logis mereka mengatakan bahwa kuliah di luar kota akan membawa kebaikan bagi mereka.

Pemikiran logis membuat Anda mampu melangkah lebih jauh kita cenderung merasa tidak berdaya jika mengambil keputusan hanya menggunakan logika. Semua pilihan, besar dan kecil, melibatkan banyak sekali variabel sehingga kita tidak bisa memutuskan tanpa mempertimbangkan perasaan.

Penulis ini adalah wakil pemimpin redaksi FHI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here