Beranda RAGAM DAERAH Medco Energi Bangkanai Fasilitasi 20 Perangkat Desa Studi Banding ke DIY

Medco Energi Bangkanai Fasilitasi 20 Perangkat Desa Studi Banding ke DIY

70
0
BERBAGI

Barito Utara, Kalteng – Dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa di wilayah binaan, Medco Energi Bangkanai Limited (Medco E&P), memfasilitasi lima (5) desa di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat melaksanakan studi banding ke Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) selama tiga hari (26-28 September 2022) dan diikuti sebanyak 20 perangkat desa.

Menurut VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan, program peningkatan kapasitas perangkat desa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perangkat desa tentang Undang-Undang Desa beserta konsekuensi pemenuhan prasyarat pelaksanaannya dalam membangun desa.

“Pada kegiatan ini, mereka juga melakukan berbagai kegiatan, mulai dari Diskusi Kelompok Terfokus hingga studi banding pada 26-28 September. Pada sesi praktek lapangan, mereka didampingi tim Medco Energi Bangkanai Limited E&P dengan mengunjungi Desa Ponggok, Kabupaten Klaten,” kata Arif Rinaldi, Rabu (28/9/2022).

Di Desa Ponggok tersebut para perangkat desa melihat tentang keberadaan Badan Usaha Milik Desa dalam perspektif Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 dan praktek tata kelola pemerintahan Desa yang baik.

“Tim Public Affair Medco E&P juga terlibat dalam diskusi dan studi banding ini,” katanya.

Dikatakan Arif Rinaldi, kelima desa tersebut adalah Desa Haragandang, Karendan, Muara Pari, Rahanden, dan Luwe Hulu.

“Pada kegiatan ini, peserta juga dapat melakukan identifikasi potensi asset yang dimiliki berdasarkan kewenangan di desa yang bersifat hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa guna membangun kemandirian desa,” ujar Arif Rinaldi. (@lie/Tim).