Beranda NASIONAL Lapas Kelas IIA Cikarang Lakukan Penggeledahan Blok Kamar Hunian

Lapas Kelas IIA Cikarang Lakukan Penggeledahan Blok Kamar Hunian

59
0
BERBAGI

Kab. Bekasi – Berdasarkan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait tiga kunci Pemasyarakatan maju, yaitu Deteksi Dini. Sinergitas dengan APH dan perang terhadap narkoba.

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cikarang, melaksanakan kegiatan pemberantasan HALINAR melalui penggeledahan (INSPEKSI/SIDAK) pada Blok hunian Sadewa, Kamar E1.2 dan E2.8. Senin (21/11/22) malam

Dengan mendatangi Blok hunian Sadewa petugas Lapas Kelas IIA Cikarang langsung meminta para penghuni untuk keluar kamar blok tersebut.

Kemudian petugas langsung melakukan penggeledahan pada kamar hunian warga binaan. Ini di lakukan petugas dengan tujuan untuk menjaga stabilitas keamanan dan upaya pencegahan gangguan Kamtib.

Kegiatan sidak dilaksanakan oleh jajaran pengamanan yang meliputi regu Pengamanan II dan Staf Rajawali (KPLP dan Kamtib).

Kegiatan diawali dengan apel terkait kedisiplinan petugas dalam melaksanakan tugas serta dilakukan pemeriksaan kerapihan pakaian dinas dan diberikan himbauan untuk tertib dalam menggunakan pakaian.

Serta disampaikan terkait arahan Kepala Divisi Pemasyarakatan tentang 4 pondasi karakter petugas Pemasyarakatan dan dilanjutkan dengan pembagian tugas oleh koordinator staf Rajawali terkait penentuan titik area pemeriksaan dan ditentukan pembagian petugas pemeriksa badan.

Dalam pemeriksa dan standarisasi kamar hunian, petugas mencatat hasil temuan dan juga mendokumentasi kegiatan serta penyusun laporan.

“Adapun hasil dari kegiatan inspeksi ini, ditemukan beberapa barang terlarang pada kamar hunian, diantaranya 2 Unit Handphone, 2 Charger, 2 Rangkaian instalasi kabel, 1 Sajam,
1obeng buatan, 2 sendok besi dan 1 asbak besi,” ujar Kalapas Kelas IIA Cikarang Very Johanes.

Very manambahkan, untuk selanjutnya barang hasil penggeledahan di buat berita acara penyitaan dan di inventarisir guna dilaksanakan pemusnahan barang bukti temuan.

“Alhamdulillah kegiatan penggeledahan Blok Kamar Hunian berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” ucapnya.

“Sedangkan giat malam ini di lakukan guna mendeteksi Dini gangguan Kamtib dan mengoptimalisasi keamanan Lapas, termasuk stabilitas Keamanan Lapas dan kegiatan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan,” tandes Very.