Home HUKRIM Lagi,Polda Kalteng Ringkus 18 Orang Yang DidugaTeroris Gumas

Lagi,Polda Kalteng Ringkus 18 Orang Yang DidugaTeroris Gumas

198
0
SHARE

Palangka Raya.Kalteng, (faktahukum.co.id) Pengejaran terhadap kelompok teroris Uzla pimpinan Abu Hamzah jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Kalimantan Tengah tidak berhenti di Palangka Raya saja, namun berlanjut ke Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), hingga di Desa Sakatak.

Densus 88 Anti Teror dibantu Satbrimob Polda Kalteng dan Polres Gumas melakukan penangkapan terduga teroris di Desa Sakatak Kecamatan Tewah dengan kondisi medan yang cukup berat karena harus melewati sungai dan gelapnya belantara hutan Kalimantan, Selasa (11/6/19) sekitar pukul 06.40 WIB.

“Sebelum melakukan penangkapan, tim gabungan ini harus melakukan pengendapan dan pengepungan rumah mulai pukul 03.00 WIB dini hari, selama kurang lebih tiga jam untuk memastikan keberadaan sasaran dan menyusun startegi penyergapan mengingat kondisi medan yang sangat sulit,” jelas Kapolda Kalteng Kalteng Irjen Pol Drs Anang Revandoko melalui Kabidhumas Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H.,kepada Wartawan Rabu (12/6/19).

Sebanyak lima orang terduga teroris berhasil diamankan di Desa tersebut, yaitu Yasir Arafat dan istrinya Nurhelina Wati serta tiga orang anaknya.

Selain itu Penangkapan terhadap kelompok terduga teroris juga berlangsung di Hotel Purnama di Kecamatan Tewah, Kabupaten Gumas , Selasa (11/6) sekitar pukul 21.00 WIB.

Hendra mengungkapkan, 13 terduga teroris, yang terdiri dari enam laki-laki dewasa, dua perempuan dewasa dan lima anak-anak ini, merupakan kelompok Irvan Gunadi alias Pak Sis yang berencana hendak berangkat ke Jakarta. Mereka berangkat dari Desa Tumbang Tue, Kabupaten Gumas dengan menggunakan satu unit mobil Ford Ranger sewaan.

“Rombongan terduga teroris ini sampai di Tewah sekitar pukul 19.00 WIB, kemudian mereka berencana melanjutkan perjalanan ke Palangka Raya dengan menggunakan travel,” tambahnya.

Berhubung travel sudah tutup, jaringan terduga teroris yang berbaiat kepada Abu Bakar Al Bagdadi pimpinan ISIS Suriah ini, akhirnya menginap di Hotel Purnama Desa Tewah, Kecamatan Tewah.

“Identitas 13 terduga teroris yang diamanakan ini adalah enam laki-laki dewasa yaitu Ivan Gunadi alias Pak Sis, Difa Adinullah, Roy Kambuan, Sugeng Widiono Sumende, Andi Samsul Rizal dan Halizariadi,” beber Hendra.

Dan yang terakhir, lanjutnya, dua perempuan dewasa, yaitu Sari Purbaningsih dan Ummu Tintin serta lima anak-anak.

“Jadi, total terduga teroris yang berhasil kami amankan dari dua TKP di Tewah Kabupaten Gumas ada 18 orang,” tutup Hendra.
(@lie/Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here