Beranda PENDIDIKAN Kurangnya Anggaran, Gedung UKS SMAN 1 Routa Dihentikan Sementara

Kurangnya Anggaran, Gedung UKS SMAN 1 Routa Dihentikan Sementara

223
0
BERBAGI

Sulawesi Tenggara, (faktahukum.co.id) – Pembangunan gedung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada Sekilah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Routa Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, terpaksa di hentikan sementara disebabkan kurangnya anggaran.

Kepala SMA Negeri 1 Routa Anwar S.Ag saat di konfirmasi melalui telepon selulernya pada hari Rabu 30 September 2020 menyampaikan, bahwa bangunan gedung UKS sementara dihentikan dikarenakan anggarannya yang baru cair hanya 75 perden.

“Hal terpenting yang perlu di ketahui masyarakat dan dewan guru SMA Negeri 1 Routa adalah gedung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) hingga saat ini belum selesai, disebabkan anggaran yang di kucurkan pemerintah baru 75 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anwar menyampaikan bahwa gedung UKS tersebut telah dibangun sejak bulan Juli 2017, yang menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 290.000.000,- tahun anggaran 2017 dengan volume 10 × 12 meter. Kini masih menunggu pencairan berikutnya, baru bisa diselesaikan 100 persen,” tutur Anwar

Kepala Dinas Pendidikan provinsi sulawesi Tenggara Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D saat berkunjung di SMA Negeri 1 Routa, dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) dirinya tidak mempersoalkan gedung tersebut, sebab sudah mengetahui bahwa Kepala SMA Negeri 1 Routa belum menerima 100 persen dana DAK.

“Hal yang menjadi perhatian adalah mengenai bahan material yang jauh berbeda harganya di Kecamatan lain, tidak seperti Kecamatan Routa yang sangat terpencil. Dimana jarak tempuh dari ibu Kota Kabupaten sangat jauh hingga ratusan kilometer,” ujar Drs. Asrun.

Dan pihaknya berjanji pada awal oktober 2020, akan mengucurkan anggaran lanjutan untuk menyelesaikan gedung tersebut yang baru rampung sekitar 75 persen.

Dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara, Anwar berkomitmen dan selalu bertanggung jawab dari tugas yang diberikan kepadanya, dan tidak akan pernah mundur selangkah pun karena hal tersebut adalah amanah seorang pemimpin yang bertanggung jawab.

Penulis : ANDRY WILLIAM FIRDAUS, SE
Editor : Bonding cs