Beranda RAGAM DAERAH Konservasi Alam Bawah Laut Butuh Perhatian Semua Pihak

Konservasi Alam Bawah Laut Butuh Perhatian Semua Pihak

51
0
BERBAGI

Pandeglang, Banten – Konservasi alam bawah laut membutuhkan perhatian semua pihak, seperti penanaman terumbu karang agar habitat ekosistem laut tetap terjaga.

Untuk itu, ketua Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut (KBL) Carita Arif mengatakan, pihaknya konsen dalam penanganan konservasi laut. Sebab, dengan kepedulian semua pihak ekosistem laut akan terus terjaga.

“Kami tetap konsen, Alhamdulilah, kami mendapat dukungan dari semua pihak salah satunya sekarang dari Pertamina dengan menyalurkan program CSR (corporate social responsibility) PT Pertamina Patra niaga fuel terminal Tanjung gerem,” kata Arif, dalam acara Rehabilitasi terumbu karang dengan sistem fish apartemen dan keramba wisata dari program corporate social responsibility (CSR) PT Pertamina Patra niaga fuel terminal Tanjung Gerem, di wilayah Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Rabu (16/11/2022). Dalam cara tersebut dihadiri oleh
Fuel terminal manager PT Pertamina putra niaga Ari Wibowo, Anhar Muslim koordinator pokja konservasi dan pembinaan pesisir pada Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Serang, Camat Carita Marda dan tamu undangan lainnya.

Fuel terminal manager PT Pertamina putra niaga Ari Wibowo mengatakan, dengan bantuan pihaknya dalam konservasi bawah laut diharapkan terutama dalam penanaman terumbu karang, selain untuk menjaga ekosistem bawah laut juga bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan.

“Kalau terumbu karang terjaga, nantikan ikan juga bisa banyak dan ini menguntungkan nelayan. Selain itu, nanti juga bisa sebagai keramba wisata, atau nanti bisa snorkeling ke bawah laut dan ini bisa menarik wisatawan juga nantinya,” tuturnya.

Sementara itu Anhar Muslim koordinator pokja konservasi dan pembinaan pesisir pada Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Serang mengatakan, pihaknya juga konsen dalam observasi terumbu karang, untuk itu pihaknya juga melibatkan semua pihak salah satunya perusahaan dalam menyalurkan CSR nya bisa dialokasikan untuk konservasi terumbu karang.

“Kami menyabut baik dengan adanya kelompok yang konsen dalam konservasi alam bawah laut ini. Sebab, pelestarian seperti terumbu karang ini harus dilakukan oleh semua pihak, agar terus terjaga,” ujarnya.(Putra/Tim).